Kapan Umat Muslim Puasa 2023? Cek Kalender Islam 1444 Hijriyah

Kapan Umat Muslim Puasa 2023? Cek Kalender Islam 1444 Hijriyah
0 Komentar

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan, ampunan dan rakhmat serta kasih sayang dari Allah SWT. Diwajibkan kepada seluruh orang Islam yang beriman untuk melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan dengan tujuan agar menjadi orang-orang yang bertakwa.

seperti dinyatakan pada QS Al-Baqarah 183 yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.

Selain itu bulan yang penuh berkah ini hendaknya menjadi ajang intropeksi dan perbaiki iman, moral dan hati, sehingga dapat bekerja lebih optimal demi kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga:Free Link Download Tinder Mod APK 13.23.0 (Gold unlocked)Ide Jualan Makanan Kekinian Yang Laris Untuk Dijual

Amalan yang dilakukan di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri. Apalagi setiap amalan di bulan puasa menyediakan berkah dan pahala yang berlipat ganda dibandingkan dengan pahala di hari-hari lainnya.

Datangnya bulan Ramadhan juga mengandung makna yang sangat besar bagi umat Islam. Rasulullah saw. bersabda, “Puasa (Ramadhan) merupakan perisai dan benteng yang kukuh dari siksa api neraka”. (HR. Ahmad dan al-Baihaqi).

Perlu diketahui, berpuasa di bulan Ramadhan termasuk satu di antara rukun Islam. Maka itu, makna bula Ramadhan bagi umat Islam sangat besar.

Tak terasa sebentar lagi akan memasuki bulan puasa tahun 2023, banyak yang bertanya-tanya kapan awal bulan puasa 2023 dimulai.

Puasa merupakan ibadah wajib bagi umat Nabi Muhammad SAW yaitu dengan menahan diri dari makan, minum, dan hawa nafsu sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Kementerian Agama biasanya mengadakan sidang Isbat yang berlangsung pada hari-hari terakhir bulan Sya’ban menurut penanggalan Hijriah.

Tujuan Isbat ini adalah untuk menentukan bulan puasa Ramadhan 2023 Musim Gugur dengan dua cara. Perhitungan pertama atau perhitungan astronomis dan kedua penentuan Rukyatul Hilal atau pengamatan Hilal.

Baca Juga:Free Link Baca Manhwa Serena Chapter 1 -13 Bahasa IndonesiaDeddy Corbuzier Diberi Pangkat TNI Letkol TItuler Termasuk gaji dan tunjangan

berdasarkan penerbitan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri yang memuat mengenai Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2023, surat tersebut dapat menjadi gambaran kapan pelaksanaan jadwal puasa Ramadan tahun 2023 di Indonesia.

Dalam surat tersebut, tertulis bahwa libur nasional Hari Idul Fitri akan jatuh pada tanggal 22-23 April 2023. Maka pelaksanaan bulan Ramadan 1445 H yang berlangsung selama sebulan penuh (29-30 hari) dan diperkirakan akan mulai dilaksanakan sekitar minggu ketiga di bulan Maret 2023.

0 Komentar