Penyebab Korsleting Listrik, Waspadai Ciri-cirinya Hingga Cara Pencegahannya

Penyebab Korsleting Listrik, Waspadai Ciri-cirinya Hingga Cara Pencegahannya
Penyebab Korsleting Listrik
0 Komentar

Pasundan Ekspres Penyebab korsleting listrik mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Padahal hal tersebut sangat penting untuk diketahui sebelum terjadi kejadian yang lebih berbahaya dan tidak kamu inginkan.

Listrik mempunyai banyak kegunaan dan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Tetapi, ada juga sebagian orang yang tidak memakai peralatan listrik dengan baik dan benar. Sehingga menimbulkan bahaya seperti korsleting listrik dan aman sehingga dapat menyebabkan korsleting listrik.

Melansir dari The Spruce, korsleting atau hubungan arus pendek listrik adalah keadaan di mana arus listrik mengalir melewati jalur yang lebih pendek, bukannya melalui jalur yang sudah ditetapkan.

Baca Juga:Nonton Drama China Lighter and Princess Sub Indo, Klik Linknya di Sini Gratis!Sinopsis Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute Episode 11, Cek di sini Jadwal Tayangnya!

Hal ini dapat mengakibatkan kenaikan arus listrik yang menyebabkan munculnya percikan api, hingga ledakan. Untuk mencegah terjadinya korsleting listrik di rumah, tentu kamu harus  mengetahui hal-hal apa saja yang dapat menjadi penyebab korsleting listrik.

Mayoritas penyebab korsleting listrik adalah hal yang kecil, sehingga seharusnya kamu dapat mencegah korsleting dengan mudah.

Korsleting listrik atau hubungan arus pendek ini dapat terjadi karena adanya hubungan langsung antara konduktor negatif dengan positif.

Penyebab korsleting listrik di rumah tersebut dapat muncul karena adanya penyambungan kabel yang tidak melihat kutub-kutub listrik, atau karena adanya konduktor listrik yang tidak tertutup dengan bahan isolator sehingga bergesekan dengan tidak sengaja.

Merangkum dari beberapa sumber berikut hal yang menjadi penyebab korsleting listrik di rumah.

Penyebab Korsleting Listrik, Waspadai Ciri-cirinya

  • Colokan Kabel yang Berhimpitan

Salah satu penyebab korsleting listrik yang paling banyak terjadi adalah tumpukan colokan listrik pada rol kabel, kontak T, atau semacamnya. Tumpukan kabel ini dapat mengakibatkan panas berlebihan dari arus listrik yang memancing korsleting, bahkan kebakaran.

  • Colokan yang Kendur

Bukan hanya colokan kabel yang menumpuk, colokan listrik yang kendur dan tidak terpasang dengan baik juga dapat mengakibatkan korsleting listrik.

Baca Juga:Sinopsis Film Avatar 2 : The Way Of The Water, Baca Dulu Sebelum NontonSaldo DANA 100 Ribu Gratis, Klik Linknya di sini Langsung Cair!

Colokan yang kendur ini dapat memicu percikan api yang menyebabkan hubungan arus pendek listrik atau korsleting.

  • Kabel yang Sudah Rusak

Kabel yang terkelupas akibat gigitan tikus, hewan peliharaan atau usia kabel yang sudah lama dapat mengakibatkan kabel rusak atau terkelupas.

0 Komentar