Bangun Perpustakaan Senilai Rp10 Miliar

Perpustakaan
0 Komentar

Dari APBN Tahun 2023

SUBANG– Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Subang masih belum representatif jika dilihat dari bangunan dan ketersediaan buku. Untuk itu, Pemda Subang akan membangun Perpusda di tempat yang baru.

Diketahui, saat ini Perpusda yang terletak di Gedung Juang Nomor 45 – Jalan Kartawigenda Subang. Gedung Juang ini akan kembali difungsikan bukan lagi untuk Perpusda.

“Perpustakaan yang sekarang itu, akan dikembalikan lagi ke fungsi awalnya, karena dulunya itu bangunan untuk ormas,” ungkap Sekretaris Dinas Arsip dan Perpusatakaan (Disarpus) Subang Mulyadi SP MSi kepada Pasundan Ekspres.

Baca Juga:Targetkan 2 Juta Kunjungan WisatawanSMK 45 Lembang Terapkan Kearifan Lokal Sunda

Awal tahun 2023, Pemda Subang akan membangun perpustakaan yang akan menghadirkan visual tiga dimensi di sebelah kantor Disparpora Subang. Luasanya 5.500 meter persegi. Biaya pembangunannya sekitar Rp10 miliaran.

Anggaran tersebut, kata Mulyadi, bersumber dari APBN melalui Perpustakaan Nasional. Dengan anggaran sebesar itu, perpusda akan dibangun dua lantai.

“Kehadiran perpustakaan daerah tersebut bisa menghasilkan PAD untuk Pemda Subang. Nanti akan ada pelaku UMKM, kuliner, kopi, taman bermain anak dan lainnya,” ujarnya.

Mulyadi mengatakan, rencana pembangunan Perpusda ini sejak tahun 2020. Saat ini progresnya sudah 90 persen baik dari sisi pengkajian ataupun peninjauan. Hanya tinggal nanti proses pembangunannya.

Sebelumnya, Kepala Disarpus Kabupaten Subang Drs Rahmat Fatturahman MSi mengatakan, kelengkapan sarana dan prasarana menjadi salah satu faktor pemikat pengunjung.

Oleh karena itu dengan akan dibangunnya perpustakaan yang representatif, pastinya akan mendongkrak tingkat kunjungan.

Rahmat menyebut, Disarpus Subang telah berkerja sama dengan 160 penerbit dalam hal pengadaan buku. Hal ini dilakukan agar minat baca masyarakat menjadi lebih tinggi.(ygo/ysp)

0 Komentar