Arus Balik Natal, Warga Bantu Turun ke Jalan

Arus Balik Natal
0 Komentar

Banyak Kendaraan Mogok

BANDUNG BARAT-Warga langsung turun ke jalan membantu mengatur lalu lintas di jalur alternatif Lembang, Kabupaten Bandung Barat pada arus balik libur Natal.

Hasil pantauan, beberapa jalur alternatif dipadati kendaraan luar daerah seperti kawasan Punlcut, Tanjakan Bukanagara dan Jalan Kolonel Masturi.

Beberapa orang berupaya membantu kendaraan yang mengalami gagal mesin alias mogok karena kontur jalan menuju kawasan Lembang menanjak. Kendaraan didorong dengan bantuan warga, sementara yang lainnya mengatur lalulintas agar kepadatan bisa terurai.

Baca Juga:Amanda Brownies Subang Berikan Diskon MenarikPAD di Tahun 2022 Hanya Tercapai Rp469 Miliar

Seorang warga Desa Pagerwangi, Ine (42) mengatakan, warga sering turun membantu ketika lalulintas padat. Sebab, di wilayahnya kerap ditemui kendaraan yang tidak kuat menanjak bahkan pernah ada yang mengalami kecelakaan tunggal.

“Kalau bantu-bantu ngatur kendaraan bukan hanya libur panjang tetapi juga saat hari libur seperti Sabtu atau Minggu,” kata Ine.

Pengguna kendaraan kadang memberikan upah seikhlasnya kepada warga yang membantu kelancaran lalulintas.

Menurut dia, jalur alternatif Tanjakan Bukanagara kerap dilintasi pengguna kendaraan lantaran bisa memangkas waktu perjalanan dari Lembang ke Bandung maupun sebaliknya.

“Terkadang ada kendaraan roda empat yang tidak kuat menanjak, makanya kita sukarela turun membantu,” ucapnya.

Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto menjelaskan, volume kendaraan yang masuk wilayah Lembang pada perayaan Hari Natal cenderung menurun dibandingkan Sabtu (24/12) kemarin.

“Hari ini terjadi penurunan volume kendaraan di Lembang karena turun hujan sejak pagi tadi,” ungkapnya.

Baca Juga:Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Sadawarna BesokDisperindag Bangun Pusat Distribusi Provinsi

Untuk mengurai kepadatan di Lembang, kepolisian memberlakukan enam kali sistem one way dari Lembang ke arah Bandung.

“Situasi arus lalin terkendali, sejak siang hingga sore kita fokus penarikan arus dari Lembang ke bawah (Bandung) berkoordinasi dengan anggota Polwiltabes,” jelasnya.(eko/sep)

0 Komentar