Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Sadawarna Besok

Bendungan Sadawarna
0 Komentar

Mampu Menampung Air 70,98 Juta Meter Kubik

SUBANG-Presiden Jokowi dijadwalkan akan meresmikan Bendungan Sadawarna di Subang pada Selasa (27/12) besok. Pemda sudah memastikan kesiapan untuk menyambut orang nomor 1 itu di Subang.

Bendungan Sadawarna merupakan salah satu Program Strategis Nasional di bidang Sumber Daya Air. Bendungan ini mampu menampung 70,98 juta meter kubik untuk mensuplai irigasi seluas 4.500 hektare.

Diharapkan suplai air irigasi dari Bendungan Sadawarna dapat membantu petani meningkatkan intensitas tanamnya jika dibandingkan dengan metode tadah hujan yang hanya satu kali dalam setahun.

Baca Juga:Disperindag Bangun Pusat Distribusi ProvinsiIPSI Jaring Pesilat Potensial lewat Bupati Cup

Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi menyambut baik dan siap menyambut dengan adanya rencana kunjungan dari presiden RI ke Kabupaten Subang untuk meresmikan Bendungan Sadawarna.

“Pemerintah Kabupaten Subang akan siap untuk bersinergi bersama jajaran Forkopimda dan para OPD Kabupaten Subang dalam mempersiapkan dan mensupport hal-hal yang perlu dipersiapkan yang berkaitan dengan kunjungan Presiden RI ini,” ungkapnya belum lama ini.

Selain meresmikan Bendungan Sadawarna, Presiden Jokowi juga akan mengunjungi salah satu pasar yang ada di wilayah Subang.

Plh Sekda Subang H Ahmad Sobari didampingi Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H. Rahmat Effendi dan Asisten Daerah Bidang Perekonomian & Pembangunan dr. Nunung Suhaeri, sudah melakukan rapat koordinasi. Rapat koordinasi itu membahas teknis persiapan untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi.

Sementara itu, Bupati Subang H Ruhimat ikut mendampingi Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menghadiri kegiatan pengisian awal waduk (Impounding) Bendungan Sadawarna Kamis (1/12).

Dengan kendaraan operasional Bendungan Sadarwarna, Bupati dan Wakil Gubernur Jawa Barat meninjau Bendungan yang memiliki kapasitas tampungan sebesar 70,98 juta meter kubik, dengan luas genangan 498,43 haktare dan tinggi Bendungan 40 meter.

Bendungan Sadawarna memiliki manfaat di antaranya untuk irigasi sebanyak 4284 ha, air baku 1,2 meter kubik per detik, PLTMH 2 MW, reduksi banjir 11,74 juta meter kubik, dan pemeliharaan sungai sebesar 2,01 meter kubik per detik.

Baca Juga:Cuaca Buruk Tak Surutkan Kunjungan WisatawanGebyar Senam Kembali Menggeliat di Kecamatan Jalancagak

Kepala BBWS Citarum Ir. Bastari, M.Eng menyampaikan, Bendungan Sadawarna merupakan salah satu proyek nasional, yang dibangun sejak tahun 2018 dan meliputi Tiga Kabupaten yaitu Subang, Sumedang dan Indramayu.

0 Komentar