Museum di Subang, Salah Satunya ada di Pusat Kota Museum Wisma Karya

museum di Subang
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Museum di Subang salah satunya adalah Museum Wisma Karya.

Letak museum di Subang yang satu ini di pusat kota, tidak jauh dengan gedung Pemda Subang.

Kalau kamu dari Bandung tepat di depan perempatan pertama setelah kamu masuk Subang, itulah letak dari Museum di Subang.

Baca Juga:Bertransformasi Jadi Bank Digital, RUPS Bank Mayora Perkenalkan Manajemen BaruPengurus Pimpinan Daerah Pemuda Persis Subang Dilantik Sekaligus Upgradeing, Ketua: Sebagai Penunjang Peningkatan Kapasitas Kader

Apa saja yang koleksi yang ada di museum Wisma Karya Subang?

Selain tertuliskan sejarah Subang dan banyak benda-benda bersejarah lainnya di sana juga memiliki koleksi sekitar 230 benda sejarah, dengan tambahan satu yakni Golok Barlen menjadi 231.

“Sekurangnya ada 3 benda terbesar yang ada di Museum Wisma Karya ini, yakni Replika Gajah Purba yang tulang-tulangnya ada di Rangga Wulung,”

“Kemudian Bejana Perunggu, juga Golok Barlen yang panjang 13 meter,” kata mantan Kabid Kebudayaan M Khadar.

Wisma Karya ini memiliki nilai sejarah penting bagi perjalanan kemerdekaan di Subang karena sudah dibangun sejak zaman penjajahan Belanda.

Wisma Karya beralamat di Jalan Ade Irma Suryani Nasution No. 2, Karanganyar, Subang, Jawa Barat.

Bangunan ini berdiri di atas lahan seluas 1 hektare, dan berada di lokasi yang strategis karena terletak di pintu gerbang ke Kota Subang dari arah Bandung.

Dalam kesempatan berbeda, Sejarawan Prof. Dr Nina Herlina mengatakan, banyak peninggalan sejarah berusia puluhan ribu tahun lalu yang akan ada di Museum yang berada di pusat Kota ini.

Baca Juga:Prediksi Indonesia vs Vietnam Leg 1 Semifinal Piala AFF 2022 Hari Ini, Kemenangan Harga MatiSejarah Texmaco Subang dan Kedekatan Sang Bos Marimutu Sanivasan dengan Suharto

Salah satu peninggalan yang fenomenal adalah Stegodon atau gajah purba, yang berusia jutaan tahun lalu dan manusia purba bersuia puluhan ribu tahun silam.

0 Komentar