Situ Sukamelang Akan Dijadikan Destinasi Wisata

Situ Sukamelang
0 Komentar

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

SUBANG– Situ Sukamelang yang awalnya disebut Situ Saeur tersebut rencananya akan dijadikan destinasi wisata. Dengan dijadikan destinasi wisata, diharapkan bisa menambah penghasilan masyarakat.

Situ Sukamelang mulainya memiliki luas 9 hektare dengan kedalaman 9 meter. Saat ini hanya tersisa 2,44 hektare dengan kedalaman 1 meter akibat penumpukan sampah dan bahan material lainnya.

Lurah Sukamelang Hj Cucu Suarsih SE menyampaikan, Situ Sukamelang yang saat ini mengairi area pesawahan di wilayah Pagaden dan sekitarnya harus diubah menjadi destinasi wisata. Dengan dijadikan wisata, maka akan menghilangkan kesan kumuh situ tersebut.

Baca Juga:Angkringan Mas Kumis, Menikmati Kuliner Lezat khas YogyakartaBUMDes Mekar Rahayu Sejahtera Bantu Kembangkan Usaha Pertanian

Cucu mengatakan, untuk mewujudkan rencananya tersebut di tahun 2023 ini, pihaknya sudah pernah berdiskusi dengan pihak BBWS Citarum tahun lalu. Cucu akan kembali berdiskusi agar rencana itu bisa direalisasikan tahun ini.

“Rencananya kita mau berkoordinasi dengan pihak BBWS,” katanya.

Ketika Situ jadi destinasi wisata, akan ada berbagai fasilitas misalnya wahana bermain air hingga kafe.

Namun sebelum dibangun destinasi wisata, harus ada pembersihan Situ lebih maksimal lagi. Mengingat kondisi situ tersebut dipenuhi sampah, apalagi saat kemarau tercium bau yang menyengat. Sedangkan di musim penghujan air naik dan limpas.

Ia pun berharap, agar pihak BBWS bisa memberikan Izin perihal rencana merubah Situ Sukamelag menjadi destinasi wisata. Menurutnya, wilayah Sukamelang selama ini terkena dampak negatif ketika timbunan sampah memenuhi situ.

Kita hanya kebagian bau yang menyengat dan was-was jika banjir,” ujarnya.

Sementara itu, warga Sukamelang Dani (40) mengaku setuju Situ Sukamelang dijadikan destinasi wisata.(ygo/ysp)

0 Komentar