Wajib DIketahui, Keutamaan Sholat Jum’at Beserta Dalilnya

Keutamaan sholat jum'at
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Merupakan sebuah hal yang wajib diketahui tentang keutamaan sholat jum’at agar kita semakin bersemangat untuk melaksanakannya.

Terdapat beberapa dalil yang menyebutkan tentang keutamaan shalat jum’at. Berikut ini adalah keutamaan shalat jum’at beserta dalilnya.

  1. Hajinya Orang yang Tidak Mampu

Keutamaan yang pertama adalah menerima ganjaran layaknya menunaikan ibadah haji.

Baca Juga:Apresiasi Agen Laku Pandai, bank bjb Bagi-bagi Hadiah untuk Ratusan Agen bjb BiSAbjb WideScreen Banjarmasin Manjakan Nasabah via Nonton Bareng Film Ant-Man and the Wasp: Quantumania

Imam Al-Qadla’I dan Ibnu Asakir dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah bersabda yang artinya “Jum’at merupakan hajinya orang-orang fakir”

Dari hadist tersebut, Syekh Ihsan bin Dahklan menjelaskan:

Maksudnya, berangkatnya orang-orang yang tidak mampu berhaji menuju shalat jum’at, seperti berangkat menuju tempat haji dalam hal mendapatkan pahala, meskipun berbeda tingkat pahalanya. Dalam hadist ini menberikan dorongan untuk melaksanakan sholat jum’at”. (Syekh Ihsan bin Dakhlan, Manahij al-Imdad Syarh Irsyad al-‘Ibad, juz.1, hal.282).

  1. Seperti Puasa dan Sholat Selama Satu Tahun

Dalam hadist riwayat Al-Tirmidzi dan Al-Hakim, menyebutkan bahwa ada keutamaan istimewa berupa pahala puasa dan sholat.

Dalam hadist ini menyebutkan bahwa “Barangsiapa membasuh pakaian dan kepalanya, mandi, bergegas Jumatan, menemui awal khutbah, berjalan dan tidak menaiki kendaraan, dekat dengan Imam, mendengarkan khutbah dan tidak bermain-main, maka setiap langkahnya mendapat pahala berpuasa dan shalat selama satu tahun.” (HR. Al-Tirmidzi dan al-Hakim).

Menurut Imam Al-Tirmidzi hadis ini Hasan, sedangkan menurut Al-Hakim hadist ini Sahih.

  1. Mendapatkan Ampunan Dosa

Keutamaan lain dari shalat jum’at adalah mendapat ampunan dosa selama beberapa hari.

Hal ini terdapat dalam hadist riwayat Muslim yang berbunyi “Barangsiapa berwudlu kemudian memperbaiki wudlunya, lantas berangkat Jumat, dekat dengan Imam dan mendengarkan khutbahnya, maka dosanya di antara hari tersebut dan Jumat berikutnya ditambah tiga hari diampuni.” (HR. Muslim).

Baca Juga:Fajar Sadboy Masuk TV Deddy Corbuzier mana kpi?Inspirasi Buku Dari Member Bts Yang Terbaik!

  1. Mendapatkan Ganjaran Pahala Qurban

Bagi jamaah yang dating lebih awal, ada hadiah berupa ganjaran pahala seperti seaka akan telah berkurban.

Hal ini di dapat dari hadist yang artinya “Siapa saja yang berangkat shalat Jumat pada jam pertama, seakan-akan berkurban dengan seekor unta. Siapa saja yang berangkat pada jam kedua, seakan-akan berkurban dengan seekor sapi.

0 Komentar