Akselerasi dan Revitalisasi BUMDes Karya Nyata, Buka Investasi Demi Peningkatan Ekonomi

BUMDes Karya Nyata
RAPAT KERJA: BUMDes Karya Nyata Desa Pasawahan Kidul, Kecamatan Pasawahan saat melakukan rapat kerja di D’Sinta Cafe Pasawahan Kidul Purwakarta. ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES
0 Komentar

PURWAKARTA-Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Nyata Desa Pasawahan Kidul, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta, Randy Wiguna Sudrajat menyebutkan, masyarakat memiliki harapan besar terhadap BUMDes untuk peningkatan perekonomian di desa. “Sehingga, akselerasi melalui revitalisai badan usaha tersebut sangat diperlukan untuk mempercepat penyusunan program-program kerja yang sejalan dengan peningkatan perekonomian warga desa,” kata Randy kepada wartawan, Rabu (25/1).

Randy juga melakukan langkah strategis dalam menyusun program kerja. Beberapa waktu pascapelantikan BUMDes Karya Nyata periode 2022-2027, dirinya langsung melaksanakan rapat kerja yang dilaksanakan di D’Sinta Cafe Pasawahan Kidul.

Raker ini juga dihadiri oleh Komisaris, Dewan Pengawas, Bamusdes, Pendamping Desa serta tokoh masyarakat setempat.

Baca Juga:Kirab Ziarah Kubro Dilepas Serentak di 17 KecamatanProgram CSR KIIC Bentuk Kepedulian terhadap Pendidikan Masyarakat

Sebagai langkah awal, Randy dan jajarannya juga akan melakukan pemetaan, penggalian potensi dan kebutuhan serta pengembangan sumberdaya yang ada di Desa Pasawahan Kidul. “Hal ini dilakukan agar akselerasi yang akan kami lakukan dalam meningkatkan ekonomi berawal dari harapan dan kebutuhan masyarakat. Seperti halnya yang disampaikan Kepala Dusun 2, bahwa warga Dusun 2 yang mayoritas petani mengatakan kebutuh pupuk begitu besar, tetapi cukup kesulitan sulit untuk mendapatkanya,” ujar Randy.

Dalam waktu dekat, jajarannya juga akan bersilaturahmi dengan beberapa komunitas dan asosiasi yang bergerak di bidang UMKM dan usaha lainya untuk membuka jejaring. Lalu, bekerja sama untuk memanfaatkan produk lokal Desa Pasawahan Kidul ke pasar luas. “Tentu saja, komunikasi dan koordinasi juga akan dilakukan dengan instansi atau perangkat daerah lainnya seperti dengan DPMD. Tujuannya adalah untuk mensinkronisasi program daerah dengan program yang akan dilaksanakan oleh BUMDes Karya Nyata Pasawahan Kidul pada tahun ini dan tahun-tahun mendatang,” ucapnya.

Selain itu, peningkatan kapasitas SDM juga akan dilakukan untuk menjadikan BUMDes Karya Nyata Pasawahan Kidul sebagai badan usaha yang tertib tata kelola administrasi. Pasalnya, dalam hal ini jajaran BUMDes juga dituntut laporan keuangan dan kegiatan usaha yang berkesinambungan oleh Dewas dan BPD.

0 Komentar