Durian Loji Daya Tarik Wisata

Durian Loji
0 Komentar

KARAWANG-Selain dikenal lumbung padi dan Kawasan Industri, Karawang juga memiliki primadona baru yaitu durian loji. Dalam rangka upaya memperkenalkan durian asal Loji Karawang tersebut, Alumni IPB dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) menggelar festival Durian yang digelar di Technomart Galuhmas Karawang. Kegiatan ini merupakan langkah awal untuk memperkenalkan kekayaan alam di Karawang.

“Sebenarnya Dinas Pertanian bertindak sebagai fasilitator untuk kegiatan yang diinisiasi oleh Komunitas pecinta durian bersama Himpunan Alumni IPB terkait permintaan kontes durian Karawang ini dan memang tidak direncanakan,” ujar Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura pada Dinas Pertanian Karawang, Nani.

Nani mengatakan, sejauh ini yang diketahui Dinas Pertanian dan yang sudah terdaftar beberapa durian asal Karawang memiliki beberapa varian.

Baca Juga:Spesial Showroom Event, Beli Hyundai Pasti CuanMayat Tanpa Identitas Gegerkan Warga

“Antara lain, durian Si Dubleng, durian si WR, durian si Bedil, durian si monyong, durian si terong, durian si nangka, durian si dempok, durian si geblug, durian si wajit, durian Adot, durian tirilik, durian aca, durian Dati, durian Lapak Eye, durian Nengsih, durian sukri, durian ace, durian si layung, durian si orok, dan durian beuleutong,” paparnya.

Nani menjelaskan, durian yang dikonteskan semua asli dari Karawang.

“Kita pernah coba beberapa varian rasanya sangat bervariasi manis. “Manis berujung pahit,manis cruncy, manis lembut, dan banyak lagi sensasi rasa duriannya. Ada lebih dari 50 varian durian yg akan ikut kontes, panitia dari HA IPB sedang merekap data yang masuk,” ucapnya.

Menurut Nani, besar harapan digelarnya kontes durian asli Karawang dapat menggali potensi Lokal Karawang terutama durian. Selain itu juga bisa mempromosikan durian yang selama ini belum banyak dikenal.

“Harapannya dengan kontes ini nanti durian Karawang terkenal. Karawang mempunyai kebanggan salah satunya durian Loji Khas Karawang, yang tidak kalah enaknya, tidak kalah lezatnya sama durian lain,” katanya.

Selain mempromosikan dan meningkatkan daya jual, kedepannyanpun dikatakan Nani ingin ada wisata durian di Karawang.

“Saya ingin nanti nya di Karawang ada wisata durian, jadi bisa meningkatkan kesejahteraan para petani durian di wilayah Karawang selatan, dan untuk meningkatkan pengetahuan tentang budidaya durian nanti akan diadakan juga Bimtek duriannya,” katanya.

0 Komentar