Pemkab Fasilitasi Puluhan Ribu UMKM

Fasilitasi Puluhan Ribu UMKM
0 Komentar

Bantuan Dana hingga Peralatan Produksi

KARAWANG-Puluhan ribu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang diberikan fasilitas oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Dinas Koperasi (Dinkop) dan UMKM Kabupaten Karawang. Fasilitas tersebut mulai dari bantuan dana hingga peralatan produksi.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro pada Dinkop UMKM Kabupaten Karawang, Agus Jaelani mengatakan, bantuan itu juga terdapat dari kementerian serta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (DISKUK) Provinsi Jawa Barat sepanjang tahun 2022.

“Itu semua diberikan untuk pengembangan produksi mereka (pelaku UMKM). Tidak hanya dana dan barang, kita juga memberikan fasilitas Haki, perbaikan kemasan, NIB dan juga barcode serta halal dengan harapan UMKM di Karawang bisa lebih berkembang lagi,” ujarnya.

Baca Juga:Observatorium Bosscha Jadi Kawasan Cagar BudayaDPRD Susun Raperda Investasi

Selain itu, pihaknya bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang, lanjut Agus, juga memberikan fasilitas pelatihan, mulai dari membatik, service ac, dan keterampilan lainnya.

“Jadi tidak hanya bantuan barang dan dana saja, kita juga mengasah kemampuan mereka,” tuturnya.

Ia menambahkan, untuk memastikan semua bantuan dipergunakan dengan baik, Dinkop UKM Kabupaten Karawang juga melakukan monitoring dan evaluasi (monev) setiap minggunya. Monev tersebut dilakukan ke setiap pelaku UMKM yang menerima bantuan, baik pendanaan maupun dalam bentuk fasilitas.

“Kita cek setiap minggunya, demi memantau perkembangan dari setiap pelaku UMKM di Karawang serta tepat guna atau tidak bantuan yang diberikan,” katanya.

Di tahun 2023 ini, pihaknya berharap para pelaku UMKM di Kabupaten Karawang dapat difasilitasi dengan merata.

“Untuk yang belum terfasilitasi, tahun ini InsyaAllah kita akan penuhi. Karena bantuan-bantuan ini sifatnya rolling, tidak menetap di satu UMKM saja,” ungkapnya.(use/vry)

0 Komentar