Dua Pemuda Dinobatkan Jadi Tokoh Penggerak NU

Tokoh Penggerak NU
0 Komentar

PURWAKARTA-Dua orang pemuda di Purwakarta, Deni Ahmad Haidar dan Sona Maulida dinobatkan sebagai tokoh penggerak Nahdlatul Ulama (NU) Purwakarta.

Penobatan dilakukan pada saat puncak perayaan Hari Lahir NU ke 1 Abad bertempat di halaman Alun-Alun Purwakarta, Selasa 31 Januari 2023. Keduanya sekaligus dinobatkan sebagai pelopor gerakan NU Purwakarta sejak 1999.

“Kedua pemuda ini, mulai dari ide, gagasan, dan gerakannya mendorong NU Purwakarta mengalami kebangkitan kembali di masanya. Yakni pada 1999, bahkan sampai saat ini,” kata Ketua Panitia Harlah 1 Abad NU Purwakarta, Oyang Este Binos kepada wartawan, Rabu (1/2).

Baca Juga:Lapas Subang Over Kapasitas50 Petugas Bersihkan Rute Kirab Satu Abad NU

Menurutnya, penobatan tokoh tersebut tidak ditentukan oleh panitia, melainkan melalui serangkaian tahapan penilaian para Tokoh NU Purwakarta.

“Kalau panitia hanya menyiapkan plakatnya. Para sepuh NU yang menilai dan menobatkan keduanya,” kata Binos menambahkan.

Selain dua tokoh tersebut, beberapa tokoh lain mendapat penobatan serupa dalam kategori yang berbeda. Tokoh-tokoh tersebut di antaranya K.H. John Dien dan K.H. Akhfaz Fauzi Asyikin sebagai Tokoh Penggagas NU Purwakarta. Kemudian, lanjutnya, ada Hj. Euis Jubaedah dan Hj. Siti Mulyadi Ahmad sebagai Tokoh Perempuan Inspiratif NU Purwakarta.

Berikutnya Ramlan Maulana sebagai penggagas berdirinya badan otonom (banom) di Purwakarta sejak 2001 dan KH Anwar Nasihin sebagai tokoh muda penggerak ekonomi santri.

“Dari sini, sudah tampak dengan sangat jelas, bahwa NU Purwakarta kaya akan kader potensial,” ucap Binos menegaskan.

Diketahui, Harlah 1 Abad NU Purwakarta puncaknya dilaksanakan di alun-alun Purwakarta, Selasa 31 Januari 2023. Acara diisi Kirab Kebangsaan dengan melakukan longmarch dari Patung Egrang dan Finish di alun-alun Kian Santang.

Peserta yang terlibat sangat banyak mencapai 12 ribu orang. Peserta terdiri dari Keluarga Besar NU, Muspida, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), ormas, hingga drumband dari Persatuan Drumband Indonesia (PDBI) Purwakarta. Meski hujan, acara berlangsung khidmat dan antusias.(add/sep)

0 Komentar