Dekopinda Harus Produktif Bina Koperasi

Dekopinda
0 Komentar

Koperasi Harus Andil Tekan Inflasi

SUBANG-Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Subang H Daeng Makmur berharap koperasi mampu andil menekan inflasi. Caranya dengan kolaborasi koperasi dengan UMKM. Dia menyampaikan, koperasi turut memberi perhatian terhadap putaran ekonomi sehingga menjadi instrumen pendorong pendapatan di Subang.

Hal itu disampaikan dalam acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekopinda Kabupaten Subang ke-XIII di Graha Hatta Dekopinda Subang, Kamis (9/2).

Dia menyampaikan, program kerja  tidak akan muluk-muluk sehingga dapat tercapai dan menjawab kebutuhan eksistensi koperasi di Subang.

Baca Juga:Batch Anime-Download Anime Batch Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute Sub IndoGames Online Sigma Battle Royale, Free Link Download

“Porgram Dekopinda hanya menyelenggarakan HUT koperasi tingkat daerah, mengikuti perayaan di tingkat provinsi yang dilaksanakan Bekasi dan tingkat nasional di Provinsi Padang,” jelasnya.

H. Daeng menjelaskan, dari sisi internal akan tetap berbenah pada wilayah administrasi. Sehingga seluruh pengurus koperasi akan tertib administrasi, termasuk pelaksanaan RAT.

Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi menekankan, Dekopinda harus produktif melakukan pembinaan koperasi. Wabup berharap dengan peran Dekopinda Subang dapat meningkatkan produktifitas koperasi sebagai pendorong UMKM.

Agus Masykur berharap dengan eksistensi koperasi hari ini bisa membuat masyarakat lebih maju. Para pelaku UMKM yang mencapai 80.000 membutuhkan pendampingan di era digital saat ini.

Wabup menekankan, jangan sampai pelaku UMKM ini terjebak pada pinjaman rentenir dan pinjaman online.

“Tantangan ke depan di era digitalisasi lebih besar, sehingga diperlukan peran dari Dekopinda untuk pelaku UMKM. Misalnya dengan memberikan pelatihan kepada para pelaku koperasi agar tidak ketinggalan,” jelasnya.

Wabup mengakal mengajak kepada seluruh anggota koperasi untuk mampu menangkap peluang juga tantangan, di era digital. “Jangan sampai handphone kita sudah smart tapi kita tetap masih gagap teknologi,” pungkasnya.(ysp)

0 Komentar