Kepsek Dituntut Jaga Kualitas Pelayanan Pendidikan

Pelayanan Pendidikan
0 Komentar

Utamakan Pelayanan Prima

BANDUNG BARAT-Kepala Sekolah (Kepsek) dituntut untuk bisa menyatukan kebersamaan seluruh warga sekolah. Hal itu agar tercipta pelayanan pendidikan yang berkualitas.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Asep Dendih mengatakan dalam pengelolaan satuan pendidikan, dorongan para kepala sekolah harus membumikan kebersamaan semua warga sekolah. Hal tersebut sangat penting, sehingga kualitas pelayanan pendidikan senantiasa terjaga dan semakin meningkat.

“Para kepala sekolah sebagai pimpinan satuan pendidikan harus menyatukan kebersamaan seluruh warga sekolah, agar tercipta pelayanan pendidikan yang berkualitas,” kata Asep saat pada kegiatan pembinaan kepada Kepala Sekolah SMP di SMPN 2 Padalarang, Kamis (9/2).

Baca Juga:Dekopinda Harus Produktif Bina KoperasiBatch Anime-Download Anime Batch Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute Sub Indo

Adapun kegiatan pembinaan ini merupakan penguatan tentang mandat pokok dan fungsi kepala sekolah.

Sekretaris Disdik KBB Rustiyana menambahkan, sesuai dengan jargon pemerintah tentang ‘Berakhlak’, maka setiap pimpinan satuan pendidikan yang terpandang selalu mengutamakan pelayanan prima kepada semua warga sekolah, akuntabel dalam setiap program sekolah. Kemudian, setiap kepala sekolah harus memiliki kompetensi yang mumpuni dalam pengelolaan satuan pendidikan.

“Setiap kepala sekolah harus berorientasi pada pelayanan prima dalam mengelola institusi pendidikan yang dipimpinnya,” imbuhnya.

Lebih jauh dipaparkannya, terkait dengan kompetensi yang harus dimiliki oleh pimpinan satuan pendidikan, maka Disdik KBB mendorong semua sekolah untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka yang diluncurkan pemerintah pusat. Semuanya harus melengkapi persyaratan yang ditetapkan Kemendikbudristek, agar dalam pelaksanaannya tidak menemui kendala.

Dia pun mengingatkan agar setiap kepala sekolah untuk selalu menjaga loyalitas kepada pimpinan, dan menjaga keharmonisan di lingkungannya. Bahkan sebagai pimpinan di institusi pendidikan, maka kepala sekolah harus adaptif dalam menyikapi kondisi sekolah masing-masing.

“Dari sanalah, maka kepala sekolah diharapkan dapat memunculkan kearifan lokal sebagai program ungulannya. Untuk menjaga marwah pendidikan, maka kolaborasi dengan semua pihak sangat diperlukan kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di satuan pendidikan yang dipimpinnnya,” tandasnya.

Di sisi lain, Kepala Bidang Pembinaan SMP, Edi Syafrudin menegaskan bahwa setiap kepala sekolah harus selalu melaksanakan koordinasi dengan pihak pembina satuan pendidikan dalam melaksanakan program-programnya.

0 Komentar