Link Tes IQ Mudah Ada Disini, Ukur Seberapa Pintar Dirimu!

Tes IQ
Image by pch.vector on Freepik
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES Link tes IQ mudah bisa kamu dapatkan melalui artikel ini. Namun sebelum memulai tesnya, mari kita kenali dulu apa itu IQ dan seberapa besar pengaruhnya terhadap kesuksesan di masa depan.

IQ atau Intellectual Intelligence (kecerdasan intelektual) adalah istilah umum untuk menjelaskan sifat pikiran seseorang. Sifat pikiran ini juga mencakup masalah kemampuan (nalar, perencanaan, problem solving), berpikir abstrak, pemahaman gagasan, bahasa, daya tangkap, dan proses belajar.

Nilai IQ seseorang akan sangat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir orang tersebut. Nah, salah satu cara terbaik untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang adalah dengan melakukan tes IQ.

Baca Juga:Aplikasi Pinjaman Online Cepat Cair Bunga Rendah Cuma Modal KTP, Cair Sampai Rp15 JutaJadwal Rilis dan Sinopsis Resident Evil Death Island, Ada Jill Valentine di Film Animasi Terbaru Sony Picture

Para psikolog menerapkan tes ini untuk mengetahui besaran kecerdasan seseorang. Bahkan, tes ini bisa menjadi standar atau ukuran untuk menilai tingkat kecerdasan seseorang. Selain untuk mengukur tingkat kecerdasn seseorang, tes kecerdasan ini juga bisa dijadikan sebagai penentu minat & bakat seseorang.

Meski demikian, tes ini tidak bisa menjadi patokan lantaran ada beberapa hal yang dapat mempengaruhinya ktingkat kecerdasan seseorang. Contoh, tinggi rendahnya IQ seseorang dapat dipengaruhi oleh pendidikan, dan juga lingkungan.

Awal Mula Tes IQ

Awal mulanya, tes ini dibuat oleh Alfred Binet yang merupakan psikolog asal perancis pada awal abad ke-20. Kemudian, dikembangkan oleh Charles Spearman dengan mengusung konsep kecerdasan menyeluruh atau kemampuan mental dalam melakukan tugas kognitif.

Tingkatan IQ

Apabila kamu melakukan tes IQ maka kamu akan mendapatkan skor dengan nilai tertentu. Nah, skor ini akan menunjukan seberapa tinggi IQ yang kamu miliki. Berikut adalah beberapa nilai skor IQ yang menjadi standar pada tes IQ :

  • < 69 (sangat rendah) : intellectual disability
  • 70 – 79 (batas fungsi intelektual) : borderline
  • 80 – 89 (rata-rata rendah) : low average
  • 90 – 109 (rata-rata) : average
  • 110 – 119 (rata-rata tinggi) : high average
  • 120 – 129 (di atas rata-rata) : superior
  • > 130 (cerdas) : very superior

Skor IQ yang tinggi kerap mencerminkan bahwa seseorang memiliki kemampuan akademis yang lebih tinggi. Namun, hal tersebut bukanlah satu-satunya indikator penentu kecerdasan, karena tes ini belum bisa menggambarkan semua bentuk kecerdasan seseorang.

0 Komentar