4 Tips Mengatasi Insomnia Tanpa Obat yang Wajib Dicoba

Ilustrasi Insomnia
Ilustrasi Insomnia
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRESInsomnia adalah kondisi yang menyebabkan penderitanya sulit atau tidak bisa tidur sama sekali, meski memiliki kesempatan dan waktu yang cukup untuk istirahat.

Insomnia dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kebiasaan mengonsumsi minuman berkafein atau alkohol sebelum tidur hingga masalah psikologis, seperti stres, depresi, dan gangguan cemas.

Sebenarnya, ada beberapa cara mudah yang bisa dicoba untuk mengatasi insomnia, dan mendapatkan tidur yang berkualitas. Berikut ini cara mengatasinya:
Cara Mengatasi Insomnia

Baca Juga:Sinopsis dan Para Pemain Serial Katarsis, Diperankan Pevita Pearce Sudah Tayang5 Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya dan Resmi OJK, Cek di Sini!

1. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Ciptakan lingkungan tidur menjadi tempat ideal untuk tidur. Sebagai contoh, atur suhu ruangan agar tetap sejuk, matikan lampu atau batasi penerangan dengan lampu tidur saja.

Jika lingkungan kamar berisik gunakan penyumbat telinga. Selain itu, jauhkan benda-benda yang dapat mengganggu waktu tidur, seperti smartphone, laptop, matikan TV, komputer atau perangkat elektronik lainnya.

Pasalnya pancaran sinar dari perangkat elektronik bisa menghambat produksi hormon melatonin yang harusnya membantu untuk tertidur.

2. Pastikan Jadwal Tidur

Cara mengatasi insomnia pertama baiknya, Anda membuat jadwal tidur untuk membentuk ritme tidur yang konsisten.

Usahakan setiap harinya untuk bangun dan tidur di waktu yang sama.

Jangan lupa, pastikan Anda tidur yang cukup sekitar 7-8 jam setiap malam.

3. Batasi Waktu Tidur Siang

Tidur siang yang terlalu lama dapat membuat Anda kesulitan tidur di malam hari. Oleh karena itu, batasi waktu tidur siang maksimal hanya 30 menit dan sebelum sore hari.

Baca Juga:Fakta-Fakta Menarik Film Waktu Magrib, Angkat Mitos Lama!Resep Nasi Liwet Teri dan Petai, Masak di Rice Cooker

4. Buatlah Rutinitas Sebelum Tidur

Lakukan rutinitas yang bisa membuat Anda cepat tidur. Sisihkan waktu Anda sekitar 30-60 menit sebelum tidur untuk melakukannya.

Lakukan aktivitas yang Anda sukai, seperti mandi air hangat, membaca buku, mendengarkan musik, memakai skincare, atau menggosok gigi.

Hindari melakukan aktivitas yang memicu emosi atau kekhawatiran seperti pekerjaan atau pelajaran.

Bagi penderita gangguan tidur, seperti insomnia sleep hygiene dijadikan langkah awal yang disarankan. Sedangkan bagi penderitainsomnia kronis, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

0 Komentar