Kuatkan Kolaborasi Antar Lembaga Zakat, Sinergi Foundation Hadiri Rapat Koordinasi Nasional Zakat 2023

Sinergi Foundation
Sinergi Foundation
0 Komentar

PASUNDANEKSPRESSinergi Foundation menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Zakat 2023 dengan tema ‘Menguatkan Kolaborasi dan Sinergi Program Maslahat Keagamaan Umat’ yang diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Dirjen Bimas Islam Republik Indonesia, bertempat di Hotel Pullman Jakarta Central Park, DKI Jakarta.

Kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari tersebut yaitu 19 – 21 Februari 2023, dihadiri langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas. Serta 32 Lembaga Amil Zakat yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia.

Latar belakang dilaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi tersebut yakni karena masih belum optimalnya kolaborasi dan sinergi guna mendukung tujuan capaian kinerja sasaran strategis. Terdapat beberapa indikator kinerja sasaran strategis sesuai dokumen rencana strategi Kementerian Agama yaitu berupa tercapainya pemanfaatan dana sosial keagamaan untuk mendukung layanan pendidikan dan keagamaan.

Baca Juga:Usaha Camilan Basreng Digemari Milenial, Homemade Ala Ibu Rumah TanggaSMKN 1 Pusakanagara Buka Program Baru Sambut Rebana

Pun, tujuan dilaksanakan Rapat Koordinasi tersebut sebagai optimalisasi kolaborasi dan sinergi kelembagaan dan partisipasi dana sosial Zakat, Infak, Sedekah guna program maslahat keagamaan umat. Sehingga diharapkan dapat terwujudnya masyarakat Islam Indonesia yang taat beragama, maju, sejahtera, cerdas, dan toleran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam wadah NKRI.

Melalui Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama RI yang menaungi langsung bidang keagamaan Islam, memiliki beberapa program strategis yang dapat dikolaborasikan dan disinergikan melalui dana Zakat, Infak, Sedekah dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya.

“Pekerjaan rumah kita kali ini adalah bagaimana membangun sinergi antara program pemerintah dan Baznas dan LAZ. Sinergi ini dapat mendorong dana tersebut dapat dirasakan secara inklusif oleh program kemaslahatan umat. Untuk itulah Kementerian Agama bergerak cepat untuk melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Lembaga Zakat yang ada,” tutur Tarmizi Tohor selaku perwakilan Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama RI, saat menyampaikan sambutan dan laporan bertempat di Hotel Pullman Jakarta Central Park, DKI Jakarta, Minggu (19/2/2023).

Dalam laporannya, Tarmizi menambahkan bahwa, Direktorat Jenderal Bimas Islam yang menaungi langsung bidang keagamaan Islam memiliki beberapa program strategis yang dapat dikolaborasikan dan disinergikan melalui dana ZIS dan DSKL.

0 Komentar