Apa Itu Kartu Kredit?

Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan, alangkah baiknya anda memahami terlebih dahulu tentang pengertian Apa Itu Kartu Kredit.
0 Komentar

PasundanEkspres-Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan, alangkah baiknya anda memahami terlebih dahulu tentang pengertian Apa Itu Kartu Kredit.

Berdasarkan PBI No.11/11/PBI/2009 tentang Penyelenggaraan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu. Kartu Kredit adalah APMK yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi.

Termasuk transaksi pembelanjaan dan/atau untuk melakukan penarikan tunai, dimana kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh acquirer atau penerbit.

Baca Juga:Kartu Kredit! Solusi Anda Belanja Tidak Punya UangStatus Janda, Bupati Purwakarta Anne: Alhamdulillah

Selain itu pemegang kartu berkewajiban untuk melakukan pembayaran pada waktu yang telah disepakati, baik dengan pelunasan secara sekaligus (charge card) ataupun dengan pembayaran secara angsuran.

Apakah anda membutuhkan Kartu Kredit?

Mengutip dari halaman resmi Bank Indonesia, Kartu Kredit adalah cara pembayaran yang memberikan anda kemudahan dalam melakukan pembayaran transaksi keuangan anda.

Namun demikian, anda harus memperhatikan biaya dan risiko yang mungkin timbul dalam penggunaannya.

Penelitian membuktikan bahwa konsumen memiliki kecenderungan untuk berbelanja lebih banyak ketika pembayaran secara kredit daripada ketika mereka menggunakan uang tunai.

Oleh karena itu, sebelum anda mengajukan aplikasi pembukaan, pikirkan terlebih dahulu mengenai kebutuhan anda dan bagaimana anda akan membayar tagihan tersebut.

Jangan menggunakan kartu kredit untuk melunasi utang anda yang lain. Anda dapat terikat pada bunga dan biaya lainnya yang jumlahnya akan lebih membebani anda dalam jangka waktu panjang.

Apabila anda terjebak dalam utang sebaiknya anda menemui konsultan keuangan atau memanfaatkan kredit tanpa bunga atau memiliki tingkat bunga yang rendah untuk melunasinya.

BAGA JUGA : Status Janda, Bupati Purwakarta Anne: Alhamdulillah

Baca Juga:Anne Ratna Mustika Sah MenjandaKecelakaan Maut di Jalan Industri, Ibu dan Anak Tewas Tergilas Truk Kontainer

Bagaimana Memilih Bank Penerbit?

Saat ini anda memiliki kemudahan untuk membandingkan penawaran penerbit kartu kredit yang satu dengan yang lain.

Adapun beberapa hal yang dapat menjadi perhatian anda dalam memilih bank penerbit  adalah:
Tingkat bunga yang harus dibayarkan, Besaran biaya dan denda, Perhitungan minimum pembayaran tagihan setiap bulannya, Fitur yang dimiliki seperti fitur keamanan (misalnya adanya konfirmasi melalui SMS saat melakukan transaksi); fitur kenyamanan dalam melakukan pembayaran (misalnya memiliki metode pembayaran yang beragam); dan fitur lainnya yang menguntungkan bagi konsumen.

0 Komentar