Berawal dari Hobi, Dudung Dapat Cuan dari Tanaman Hias

Dapat Cuan dari Tanaman Hias
0 Komentar

SUBANG-Dudung Dapat Cuan dari Tanaman Hias, Bermula dari hobi, siapa sangka beberapa kegiatan hobi tersebut justru dapat menghasilkan cuan, penghasilan tambahan, bahkan menjadi sumber pendapatan. Pada dasarnya, setiap orang memiliki kegiatan favorit atau hobi yang biasa dilakukan untuk mengisi waktu luang.

Salah satunya Dudung Gunawan (40) yang memiliki hobi di bidang tanaman hias. Dari hobi yang dilakoninya teesebut kemudian ia kembangkan menjadi usaha. Dudung mengatakan, bahwa usaha tanaman hias miliknya sudah berkembang sejak tahun 2014 silam hingga saat ini.

Menurutnya, menjalani bisnis tanaman hias berawal melihat potensi yang ada dan peluang kurangnya pebisnis tanaman hias di daerah Pantura. “Sebenarnya awal bisnis ini adalah hobi, tapi semakin kesini peminatnya lumayan cukup banyak. Kemudian saya juga melihat peluang bahwa di Pantura khususnya Pamanukan belum ada penjual tanaman hias. Maka pada bulan Agustus 2014 saya kembangkan hobi saya menjadi ladang usaha,” ujar pemilik kedai tanaman hias, Dudung Gunawan.

Baca Juga:Jelang Puasa, Kementan Pastikan Harga dan Stok Pangan AmanPemda Sudah Siapkan Anggaran Rp2.94 Miliar

Berbisnis tanaman hias diakui Dudung sama seperti usaha lainnya, pasti mengalami kesulitan. Apalagi ia menjalanai usaha tersebut hanya menfaatkan lahan yang berada di rumah miliknya.
“Tantangan dan kendala mungkin di tempat, karena buka usaha tanaman hiasnya hanya di rumah bukan di depan jalan ramai seperti jalan raya atau jalur Pantura,” jelasnya.

Maka dari itu, Dudung menginisiasi mempromosikan usahanya tersebut melalui media sosial seperi Whatsaapp dan Facebook. Dengan cara memposting foto-foto tanaman hias yang ia miliki agar dilihat oleh orang banyak dan orang yang melihat itu akan tertarik lalu membeli tanaman hias miliknya.

Meski demikian, berbagai kesulitan tersebut baginya bukanlah suatu hambatan. Justru menurutnya tantangan terbesar dalam menjalani bisnis tanaman hias datang dari dirinya sendiri.
“Yang saya takutkan disaat semangat saya berhenti, dan itu merupakan sebuah hambatan. Tetapi, saya selalu memupuk dan menata diri saya harus lebih baik dari hari ini dibanding kemarin. Hal itu harus menjadi acuan bagi diri saya agar lebih baik lagi,” ungkapnya.

Selain menjual tanaman hias dan tanaman cangkok, Pria kelahiran Subang 28 Mei 1983 ini pun melayani jasa membuat taman dan menata taman. Menurutnya hal tersebut guna memenuhi permintaan para penggemar tanaman.

0 Komentar