Menabung di Bank, Untung atau Rugi? Berikut Penjelasan Dari Dua Hal Tersebut!

Menabung di bank
0 Komentar

3. Bebas Bertransaksi

Bank menawarkan berbagai fitur lengkap bagi nasabah. Selain menyimpan uang, anda punya kesempatan untuk melakukan berbagai transaksi finansial, seperti fitur ATM, SMS banking, dan internet banking. Belum lagi, fasilitas ini kerap bisa diakses selama 24 jam.

4. Praktis dan Sederhana

Laporan keuangan disusun oleh pihak bank dalam bentuk buku tabungan yang anda peroleh. Anda bisa dengan praktis mengetahui jumlah uang yang masuk dan keluar.

Kini, kamu juga tidak perlu repot menuju bank cabang untuk melakukan penyetoran karena pada beberapa bank sudah tersedia fasilitas setor tunai lewat mesin ATM.

Baca Juga:Uang Elektronik: Definisi, Keunggulan dan Resiko Penggunaannya!Pengertian World Music

5. Pengelolaan Keuangan Bisa Lebih Terencana

Bank menawarkan berbagai produk. Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan, seperti produk tabungan berjangka/deposito atau tabungan khusus. Ini menjadikan perencanaan keuangan anda lebih terarah dan konsisten.

6. Pengambilannya yang Mudah

Dengan kemudahan transaksi yang disediakan, uang tabungan anda bisa diambil sewaktu-waktu, kecuali jika anda memilih tabungan berjangka/deposito.

7. Mempunyai Kesempatan Mendapatkan Hadiah

Menabung di bank juga memberimu kesempatan untuk memperoleh hadiah. Tidak setiap nasabah, memang, dapat memperoleh hadiah ini. Umumnya, bank tertentu kerap mengadakan pengundian hadiah dengan tawaran berupa uang miliaran atau mobil mewah.

Kekurangan Menabung di Bank Apa Saja Sih?

1. Potongan Dari Biaya Administrasi

Pada setiap transaksi yang anda lakukan, memiliki potongan biaya administrasi yang berbeda-beda pada setiap bank ataupun server yang lainnya.

2. Nilai Tabungan Sulit Berkembang

Tidak seperti investasi, uang yang kamu tabung di bank tidak bertambah begitu saja dengan suku bunga yang ditetapkan. Rata-rata bunga tabungan berkisar maksimum 1%. Karena itu, keuntungan yang diperoleh tentu tidak akan begitu terasa.

Jika anda menginginkan imbal hasil yang lebih besar, menabung bukan pilihan yang bijak. Deposito berjangka, justru, bisa menjadi alternatif.

3. Ada Limit Transaksi

Meski anda memang bebas melakukan transaksi, tetapi itu ada batasnya sesuai yang diberlakukan bank. Ada saldo minimum yang harus tersedia di rekening serta limit penarikan tunai harian di ATM yang diterapkan bank.

Baca Juga:Revitalisasi Buat Situ Gede Jadi Destinasi Wisata MenarikGubernur Ridwan Kamil Resmikan Situ Gede Bogor

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan menabung di bank, menabung di bank tentu lebih baik daripada menyimpan uang dalam jumlah banyak di rumah.

0 Komentar