Deteksi Dini Antisipasi Banjir

Antisipasi Banjir
0 Komentar

Satpolairud Pantau Debit Air Sungai

PURWAKARTA-Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Purwakarta aktif memantau dan mengecek debit air sungai. Hal itu dilakukan sebagai upaya deteksi dini guna mengantisipasi banjir yang berpotensi terjadi di Wilayah Kabupaten Purwakarta.

Kasatpolairud AKP Jajang Sukandar mengatakan beberapa hari ini, intensitas hujan di Kabupaten Purwakarta. Pihaknya pun turut memantau perkembangan potensi bencana banjir di wilayah hukum Polres Purwakarta.

“Pengecekan debit air dalam beberapa hari terakhir menjadi salah satu fokus perhatian jajaran Satpolairud Polres Purwakarta seiring meningkatnya curah hujan,” kata Jajang kepada wartawan, Selasa (28/2).

Baca Juga:Koordinator Baru, Aliansi BEM Diminta Terus Berperan AktifPolsek Jatiluhur: Tangkal Rekruitmen Geng Motor di Sekolah

Jajang mengatakan pemantauan dan cek debit air sungai dilakukan sebagai deteksi awal mengantisipasi terjadinya potensi banjir agar tidak adanya korban.

“Karena hujan turun dengan intensitas tinggi terjadi dalam beberapa hari terakhir, sehingga menyebabkan debit air mengalami peningkatan,” ujarnya menjelaskan.

Mulai meningkatnya intensitas hujan, sambung Jajang, masyarakat pun diimbau tetap lebih waspada karena potensi bencana alam seperti banjir.

“Saat ini merupakan pancaroba atau transisi terdapat potensi hujan sedang hingga lebat, yang dapat disertai petir dan angin kencang terutama pada pagi, siang bahkan malam hari,” ucapnya.

Jajang pun mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaannya terhadap potensi cuaca ekstrem. Di antaranya seperti hujan lebat, angin kencang, petir, puting beliung, dan lain-lain.

“Cuaca ekstrem ini bisa menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, dan pohon tumbang. Karenanya, diharapkan masyarakat harus selalu waspada jika hujan deras dan juga selalu menjaga kesehatan,” kata Jajang.(add/ysp)

0 Komentar