Jenguk Korban Keracunan Makanan, Hengki : Pemda Tanggung Biaya Pengobatan Hingga Sembuh

Biaya Pengobatan Korban Keracunan Makanan Ditanggung Pemda
EKO SETIONO/PASUNDAN EKSPRES JENGUK: Bupati Bandung Barat Hengki Kurniaawan saat menjenguk korban keracunan makanan di RSUD Lembang, Rabu (1/3).
0 Komentar

PasundanEkspres-Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan memastikan biaya pengobatan seluruh pasien korban keracunan jadi tanggungan pemerintah daerah.

Biaya pengobatan itu sampai seluruh korban keracunan makanan di Desa Wangunsari Kecamatan Lembang itu bisa sembuh total.

“Biaya pengobatan dan perawatan full kita tanggung sampai sembuh,” kata Hengki saat menjenguk korban di RSUD Lembang, Rabu (1/3).

Baca Juga:Fenomena Keracunan Akibat Makanan di Bandung BaratKeracunan Makanan, 12 Warga Desa Wangunsari Dilarikan ke Rumah Sakit

“Bagi pasien yang berobat jalan saya minta ke pak Direktur Utama RSUD untuk bantu vitaminnya,” ujarnya.

Hengki mengatakan, sejak menerima laporan kejadian, pihaknya langsung menginstruksikan aparat terkait untuk melakukan langkah penanggulangan.

Salah satunya berupa pendirian posko darurat dan menyisir warga yang mengalami keluhan serupa.

Dia mengaku prihatin terkait tragedi keracunan akibat makanan lantaran peristiwa sebelumnya pernah terjadi di Desa Cilangari Kecamatan Gununghalu yang menyebabkan dua orang meninggal dunia.

Lebih jauh, pemerintah daerah masih melakukan penyelidikan terkait penyebab keracunan massal ini. Jika penyebabnya berasal dari sumber air yang di gunakan untuk mengolah makanan, Pemkab Bandung Barat akan melakukan upaya khusus untuk menelusuri sanitasi air.

“Jika penyebabnya dari sumber air untuk mencuci beras, maka langkah kita akan lakukan sosialisasi kebersihan atau intervensi khusus untuk daerah-daerah yang membutuhkan filter air,” tuturnya.(eko/sep)

0 Komentar