Keracunan Makanan, 12 Warga Desa Wangunsari Dilarikan ke Rumah Sakit

Keracunan Makanan, 12 Orang Warga Desa Wangunsari Dilarikan ke Rumah Sakit
0 Komentar

 

PasundanEkspres-Sebanyak 12 orang dari 178 orang warga Kampung Cijengkol, RW 05, Desa Wangunsari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lembang.

Dugaan sementara, 12 orang itu mengalami keracunan akibat makanan yang terjadi pada Minggu (26/2).

Kepala Desa Wangunsari Diki Rohani mengatakan, ke 12 orang warga yang mengalami keracunan sempat mengkonsumsi makanan pada acara hajatan Ahad (26/2) lalu.

Baca Juga:Rey Syahreza Sapa SDIT Cendekia Lewat Seminar Parenting Milad Ke-12Cara Mudah Buat Kartu Kredit Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Mereka mulai mengeluhkan sakit pada Senin (27/2) dini hari. Dan akhirnya dibentuk posko darurat di Madrasah Al Hudaya di RT 05 untuk menerima warga yang mengeluh sakit.

“Kami berkoordinasi dengan puskesmas Lembang, sehingga dengan cepat dinkes dan puskesmas Lembang membentuk posko darurat tepatnya di Madrasah Al-Hudaya RT 5. Saat itu sampai malam 155 orang yang datang ke posko,” katanya.

Selain itu terdapat 31 orang warga yang berobat ke klinik. Dari 12 orang itu terdapat lima orang yang harus mendapatkan perawatan di ruang inap, sedangkan sisanya sudah bisa pulang.

“12 dirujuk ke RSUD dan 5 dirawat di RSUD dan satu atas kemauan sendiri di RS Advent, dan satu atas kemauan sendiri ke RS Salamun,” katanya.

Diki melanjutkan hingga Selasa (28/2) pukul 07.30 WIB, terdapat tiga orang warga yang mengeluhkan sakit ke posko dan satu orang diantaranya dirawat di rujuk ke RSUD Lembang. Hingga saat ini warga yang mengeluhkan sakit ke posko melandai.

“Tadi pagi sampai pukul 7.30 WIB ada tiga orang datang ke posko dan dari tiga orang satu orang harus mendapatkan perawatan. Yang datang ke posko sudah melandai mudah-mudahan tidak terus berkembang,” katanya.

Ia menambahkan petugas belum dapat memastikan 155 orang yang mengeluhkan sakit sudah sembuh atau belum. Namun, mereka tidak harus dirujuk ke rumah sakit umum daerah.

Baca Juga:Apa Itu Kartu Kredit?Kartu Kredit! Solusi Anda Belanja Tidak Punya Uang

“155 itu yang ke posko tambah 31 di klinik kemudian termasuk 12 dirujuk tadi. Sisa dari lima yang dirawat pulang,” katanya.(eko/sep)

 

0 Komentar