Raperda Perpustakaan Optimisme Perpusda Jadi Barometer Pengetahuan

Raperda Perpustakaan
GRAND DESIGN: Kepala Disarpus Kabupaten Subang Drs Rahmat Fattarahman saat menunjukan grand design perpustakaan yang akan dibangun tahun ini. YUGO EROSPRI/PASUNDAN EKSPRES
0 Komentar

Raperda Perpustakaan Daerah bisa segera menjadi Perda

SUBANG-Rapat Paripurna dengan agenda penyampaian nota pengantar penyelanggaraan perpustakaan daerah kemarin, membuat pihak Disarpus optimis Perpusda Subang menjadi Barometer Pengetahuan.

Saat ini, Perpusda Subang masih berada di Gedung Juang 45 Jalan Jayawisastra dan akan berpindah ke Jalan Ahmad Yani Kelurahan Pasirkareumbi, tepatnya di sebelah kantor Disparpora Subang.

“Ini agar terciptanya peningkatan pengetahuan, yang menunjang dari aspek pendidikan generasi Subang ke depannya,” ujar Bupati Subang H Ruhimat dalam penyampaiannya di Gedung DPRD Subang.

Baca Juga:Lomba Qosidah Buka Rangkaian HUT Subang Ke-75Pengurus Golkar Antar Om Zein Safari Politik

Perpustakaan Daerah, jelas H Ruhimat, harus disokong dengan anggaran yang mumpuni, sehingga gaungnya meluas. Saat ini, Perpustakaan Daerah kabupaten Subang, seperti yang kurang diminati oleh masyarakat Subang.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Disarpus) Kabupaten Subang, Drs Rahmat Fatarrahman mengatakan, sudah saatnya ada perda mengenai perpustakaan. Nantinya, perpustakaan daerah akan makin diminati, maju dan berkembang.

Tahun 2023 ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dengan sokongan dana dari APBN melalui Program Perpusnas, akan membangun Perpustakaan Daerah dengan biaya Rp10 miliar.

Dengan luas lahan 5.500m2 di samping kantor Disparpora Subang, Rahmat menjelaskan, perpustakaan tersebut akan menjadi gudang baca yang representatif.
“Kita ingin perpustakaan Subang menjadi barometer pengetahuan. Masyarakat pun harus mendukung dengan cara berkunjung,” paparnya.

Rahmat berharap, Raperda Perpustakaan Daerah bisa segera menjadi Perda. Hal itu, agar payung hukum, aturan dan lainnya bisa diatur yang mana akan menjadi kan perpustakaan daerah di Subang menjadi perhatian.(ygo/vry)

0 Komentar