Desa Cupunagara Kaya Akan Potensi

Desa Cupunagara
0 Komentar

SUBANG-Potensi di Desa Cupunagara Kecamatan Cisalak yang merupakan berada di ujung Kabupaten Subang sangat tinggi. Selain penghasil kopi terbaik, desa tersebut memiliki wisata religi dan petilasan yang kerap dikunjungi oleh wisatawan lokal dan nasional.

Jalan menuju Desa Cupunagara ini harus melewati hutan. Dengan penduduk Cupunagara berjumlah 5.100 orang, luas wilayah 32 km2.

Kepala Desa Cupunagara Wahidin Hidayat menyampaikan, kopi khas Cupunagara terkenal dari lokal hingga internasional menjadi daya tarik wisatawan.

Baca Juga:Pembangunan Jembatan Cibayongbong Telan Biaya Rp 8,9 MiliarDownload Drakor Delivery Man Episode 1 Sub Indo

Dia menyebut, kopi yang dikelola secara profesional oleh kelompok tani dan BUMDes sejak tahun 2012 jenis Arabica.

Kopi tersebut sudah melanglang dunia, seperti di ekspor ke Timur Tengah hingga Korea. Sementara untuk lokal seperti Subang, Bandung, Jakarta dan berbagai daerah.

“Pengembangannya ada bantuan dari Dinas Pertanian dan Kementerian Pertanian. Kopi tersebut ditanam di area 300 hektare,” jelasnya.

Tidak hanya kopi, Cupunagara juga terkenal dengan gula aren, madu, tembakau dan teh.

Wahidin mengatakan, di Desa Cupunagara juga ada petilasan dan wisata religi. Pemerintah desa menginginkan agar dibuat menjadi cagar budaya. Pihaknya sudah mengusulkan kepada PTPN VIII untuk bisa memberikan rekomendasi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang.

Ada dua rumah peningggalan Belanda di Cupunagara. Sedangkan situs petilasan yakni ada Situs Cipabeasan, Cibadak, Eyang Sukmadilaga. Sementara tempat wisata ada Curug Cikondang, Curug Cikaruncang, Kampung Ecowisata Buni Kasih.

Bupati Subang H Ruhimat mengatakan, Desa Cipunagara merupakan desa yang sangat potensial. Dia menyebut, Desa Cupunagara dikenal dengan kopi, tembakau juga sejarahnya.

Baca Juga:Download Anime Movie Kimetsu no Yaiba 1080p Full HdDownload Anime Kimetsu no Yaiba Movie 2023

“Kita konsen terhadap desa ini, bahkan pemerintah daerah mengupayakan agar jalur jalan ke sana bisa bagus,” katanya, beberapa waktu lalu.(ygo/ysp)

0 Komentar