Hati-Hati Mom, 11 obat yang Dapat Menyebabkan Keguguran Dijual di Apotik

Hati-Hati Mom, 11 obat yang Dapat Menyebabkan Keguguran Dijual di Apotik
0 Komentar

Pasundan Ekspres – Daftar obat yang dapat menyebabkan keguguran dijual di apotik bisa mom ketahui lewat artikel di bawah ini. Mom yang sedang hamil mulai sekarang harus berhati-hati ya saat meminum obat yang di beli di apotik.

Karena tidak semua jenis obat yang tersedia di apotik aman bagi ibu hamil. Terlebih lagi, saat ini ada sejumlah jenis obat yang ternyata bisa meningkatkan risiko penyebab terjadinya keguguran. Beberapa jenis obat tertentu yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil ternyata dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, dan cacat lahir.

Macam-macam obat seperti ini juga tidak baik dikonsumsi bagi yang sedang merencanakan kehamilan karena bisa mengurangi kesuburan. Lalu, apa saja obat yang dapat menyebabkan keguguruan yang harus mom hindari? Seperti melansir dari honestdocs.id yuk simak selengkapnya berikut ini.

Baca Juga:8 Tanda Rasa Perut Hamil 6 Minggu, Kenali Yuk Mom!5 Cara Penulisan Resep Obat yang Benar, Gak Boleh Asal-Asalan!

Antibiotik adalah obat untuk membunuh bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Namun, mom juga harus lebih hati-hati nih karena ada beberapa jenis antibiotik tertentu yang bisa menyebabkan keguguran.

Obat ini dapat merangsang pertumbuhan jamur berlebih pada vagina yang menyebabkan lendir serviks ‘memusuhi’ sperma. Namun, yang perlu mom ingat adalah tidak semua antibiotik seperti ini ya. Karena antibiotik harus sesuai dengan resep dokter, seperti golongan fluoroquinolone, aminoglikosida, dan makrolida.

2. Obat Anti malaria

Contoh obat anti malaria yang tidak boleh ibu hamil konsumsi adalah plaquenil yang bisa membahayakan kandungan yang menyebabkan janin mengalami keguguran.

3. Obat Anti pembekuan Darah

Mengonsumsi warfarin (coumadin) bagi ibu hamil adalah obat anti pembekuan darah yang pada dosis tertentu bisa menyebabkan bayi mengalami cacat lahir, kematian, elahiran prematur, dan keguguran. Harus selalu waspada ya, mom.

0 Komentar