STQH Bumikan dan Lestarikan Al-Quran

STQH
0 Komentar

Aktualisasikan Nilai-nilai Moderat Berakhlakul Karimah

PURWAKARTA-Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) digelar untuk melestarikan dan membumikan kitab suci Al-Quran. Hal ini agar lebih mudah diminati dan dipahami serta diamalkan oleh umat Islam masyarakat secara umum dalam kehidupan sehari-hari.

“Ini juga ajang silaturahmi diantara kita, santri, kiai, alim ulama dan umaro. Mudah-mudahan kita selalu diberikan kesehatan dan keberkahan,” ucap Kepala kantor Kemenag Kabupaten Purwakarta H Sopian pada pembukaan STQH ke-XVII Tingkat Kabupaten Purwakarta di Taman Maya Datar Komplek Pemkab Purwakarta, Rabu (8/3).

Dia menjelaskan pelaksanaan STQH ke-XVII Tingkat Kabupaten Purwakarta ini digelar hanya satu hari, yakni 8 Maret 2023, dengan tempat pelaksanaan, Gedung Dakwah, Taman Maya Datar, Ponpes Tarbiyah Islamiyah Purwakarta. “Jumlah peserta sebanyak 94 orang, 57 putra dan 37 putri yang berasal dari kecamatan yang ada di Kabupaten Purwakarta,” kata Sopian.

Baca Juga:Resto Laut Utara Subang Hadirkan Promo Munggahan RamadhanWaspada Angin Puting Beliung

Dia menambahkan, bagi pemenang STQH ke-XVII Tingkat Kabupaten Purwakarta ini akan dilakukan pembinaan dan seleksi kembali guna mempersiapkan peserta yang akan siap dan layak menjadi wakil Kabupaten Purwakarta dalam STQH Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Di tempat yang sama, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengapresiasi kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Purwakarta yang telah menggelar STQH ke XVII Tingkat Kabupaten Purwakarta.

“Pelaksanaan STQH ke XVII ini merupakan salah satu komitmen kita bersama untuk terus mendorong masyarakat terutama anak-anak kita membaca, menghafal dan memahami Al-Quran,” kata Bupati Purwakarta yang akrab disapa Ambu Anne itu saat membuka STQH tersebut.

Ambu Anne berharap kegiatan ini bukan hanya semata-semata kegiatan rutin, bukan semata hanya ajang kompetensi yang hanya bisa membedakan yang kalah dan yang menang. Tapi lebih dari pada itu bahwa kegiatan ini adalah bagian untuk terus memberikan ruang kepada anak-anak untuk mereka terus belajar menghafal, memahami dan mengamalkan Al-Quran.

“Ini bagian dari komitmen kita untuk membentuk karakter anak-anak Purwakarta yang berakhlakul karimah,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Tema yang diangkat dalam STQH ke-XVII Tingkat Kabupaten Purwakarta kali ini memiliki tema “Mengaktualisasikan Nilai-nilai Al-Quran, Menuju Generasi Moderat dan Berakhlakul Karimah”.

0 Komentar