LDKS Bentuk Jiwa Kepemimpinan dan Karakter Siswa

Jiwa Kepemimpinan
0 Komentar

Wadah Pembinaan Generasi Muda

PURWAKARTA-Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap (SMPN Satap) 2 Parungbanteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, mengasah jiwa kepemimpinan dan skill yang dimiliki para siswanya melalui kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS).

Kepala SMPN Satap 2 Parungbanteng, Mokhamad Aripin mengungkapkan, LDKS ini bertujuan untuk mengasah jiwa kepemimpinan siswa juga mengembangkan potensi diri dan membentuk karakter siswa.

“LDKS ini sebagai wadah pembinaan terhadap generasi muda untuk membentuk generasi yang berkarakter kebangsaan, disiplin dan memiliki rasa tanggung jawab,” kata pria yang akrab disapa Kang Ipin ini saat ditemui belum lama ini.

Baca Juga:Sonya Fatmala Ajak Masyarakat Hidup SehatStatus KLB, Pemkab Perketat Kegiatan Hajatan

Sehingga, lanjutnya, ke depannya dapat diandalkan untuk kepentingan bangsa dan negara. “Pada pelaksanaan LDKS tersebut, kami bekerja sama dengan Polsek Sukasari, Polres Purwakarta,” ujarnya.

Adapun materi yang diberikan dalam LDKS ini, sambungnya, meliputi latihan wawasan kebangsaan, peraturan baris-berbaris, out bond, pengetahuan lalu lintas, kesehatan, dan ditutup renungan malam dan api unggun.

Kang Ipin berharap para pelajar bisa mengambil ilmu dan manfaat dari pelatihan ini agar dapat dijadikan sebagai bekal dalam menyongsong masa depan dan berkontribusi terhadap masyarakat, nusa dan bangsa.

“Setiap materi yang disampaikan pada LDKS ini semoga bermanfaat bagi siswa saat berada di lingkungan sekolah, rumah, maupun di tengah masyarakat,” ucap Kang Ipin.

Terpisah, Kapolsek Sukasari, AKP Wasir Tardjuki mengatakan, dengan memberikan pembekalan terhadap siswa diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengetahuan, keterampilan dan sikap tanggung jawab.

Selain itu, lanjut Wasir, LDKS ini memantapkan kemampuan kepemimpinan yang dimiliki para siswa. Sehingga, diharapkan tumbuh menjadi generasi muda yang berkepribadian tangguh dan mampu bersaing secara sehat.

“Perlu disadari bahwa generasi muda merupakan potensi bangsa, karena di pundak merekalah harapan bangsa ini untuk dapat lebih maju. Oleh karena itu, semangat belajar, semangat menambah pengetahuan dan wawasan harus selalu tumbuh,” kata Wasir.(add/sep)

0 Komentar