Kelompok Tani Forum Jaya Konsen Budidaya Sayuran

Budidaya Sayuran
0 Komentar

SUBANG-Pertanian di Kabupaten Subang terus berkembang dan menghasilkan berbagai macam pangan yang berkualitas. Salah satunya di Desa Palasari, Kecamatan Ciater. Pertanian di desa ini yakni berfokus pada Budidaya Sayuran.

Itulah yang dilakukan oleh Kelompok Tani Forum Jaya. Kelompok tani ini konsen pada tumbuhan sayuran. Forum Jaya ini terbentuk sejak tahun 1998. Namun baru dilantik atau dikukuhkan oleh Dinas Pertanian dan Kepala Desa setempat pada Rabu 15 Maret 2023.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh anggota Forum Jaya, Kabid Hortikultura, Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Ciater, koordinator penyuluh pertanian Ciater, Jabatan fungsional penyuluh pertanian Kabupaten Subang, Kepala Desa palasari dan perwakilan perusahaan pestisida.

Baca Juga:Persit KCK Cabang XXIX Juara Senam SKJ Tingkat Korem 063RD Ditahan di LPKA Bandung

Forum Jaya ini beranggotakan para petani di Desa Palasari Kecamatan Ciater dan memiliki 62 anggota termasuk pengurus beserta jajarannya.

“Program yang sudah dijalankan maupun yang akan datang kita akan terus menambah kekompakan, tanggung jawab dan gotong royong,” ungkap Ketua Forum Jaya, Juhaedin.

Adapun syarat atau kriteria tertentu untuk bergabung dengan kelompok Forum Jaya ini di antaranya harus memiliki lahan tani di Desa Palasari, wajib ikut kerja bakti dan wajib hadir dalam musyawarah.

“Harapan Forum Jaya ini dibentuk agar sesuai namanya yaitu jaya sejahtera yang artinya terus berjaya dan kesejahteraan bagi masyarakat khususnya para petani di Desa Palasari,” katanya.

“Di Forum Jaya kami mempunyai hasil tani unggulan di antaranya ada tomat, cabai kriting, cabai rawit, dan kacang-kacangan,” tambah Renaldi, Pengawas Forum Jaya.

Hasil tani Forum Jaya dijual langsung ke pasar induk Kramat Jati, Leuwipanjang, dan sebagian ke supermarket.(acp/ysp)

0 Komentar