DAHSYAT! 9 Keutamaan Puasa Ramadhan 30 Hari, Muslim Pasti Rindu

DAHSYAT! 9 Keutamaan Puasa Ramadhan 30 Hari, Muslim Pasti Rindu
DAHSYAT! 9 Keutamaan Puasa Ramadhan 30 Hari, Muslim Pasti Rindu
0 Komentar

DAHSYAT! 9 Keutamaan Puasa Ramadhan 30 Hari, Muslim Pasti Rindu

Keutamaan Puasa Ramadhan 30 Hari tentu saja membuat kita sebagai muslim menjadi rindu akan kehadiran bulan puasa

Puasa Ramadan adalah salah satu kewajiban agama dalam Islam yang dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia selama bulan Ramadan, bulan ke-9 dalam kalender Hijriyah.

Bulan Puasa Ramadan merupakan bagian dari Rukun Islam yang kelima dan diwajibkan untuk dilakukan oleh setiap Muslim yang telah mencapai usia pubertas, berakal sehat, dan tidak memiliki alasan medis atau lainnya yang memungkinkan untuk tidak berpuasa.

Baca Juga:Ciri ciri Celana Levis 501 yang Asli, No Tipu-tipu Lagi Saat Beli!Pinjaman Online Bank Mandiri Langsung Cair, Salah Satu Aplikasi Pinjaman Online Resmi OJK, Cek di Sini

Puasa Ramadan dilakukan dengan menahan diri dari makan, minum, dan aktivitas seksual mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Selain itu, puasa Ramadan juga mencakup penahanan diri dari perbuatan dosa dan berusaha meningkatkan kualitas ibadah seperti membaca Al-Quran, berzikir, dan berdoa.

Puasa Ramadan memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik dari segi fisik maupun spiritual.

Di antaranya adalah meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, meningkatkan kesabaran dan rasa empati, serta membantu membersihkan tubuh dan pikiran dari racun-racun yang merugikan kesehatan.

Selain itu, puasa Ramadan juga menjadi momen untuk meningkatkan kebersamaan dan solidaritas dengan sesama Muslim dalam berbagi kebaikan dan keberkahan.

9 Keutamaan Puasa Ramadhan 30 Hari, Muslim Pasti Rindu

1. Keutamaan Bulan Ramadhan adalah Bulan Penuh Berkah dan Terbukanya Pintu-Pintu Surga

Nabi Muhammad S.A.W Bersabda:

قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌمُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلًّ فَيْهَ الشَّيَاطَيْنُ فَيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ ألْفِ شَهْرٍ

Yang Artinya: “Telah datang Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan”. (HR. Ahmad)

Baca Juga:FOMO Adalah? Fear of Missing Out, Begini Pengertiannya, Sebutan yang Lagi Viral Maret 2023Paling UPDATE! Nonton Tensei Shitara Slime Datta Ken Movie Guren No Kizuna Hen Subtitle Indonesia Sudah Ada?

2. Keutamaan Bulan Ramadhan untuk Penebus Dosa

Sesuai Sabda Nabi Muhammad, S.A.W:

اَلصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمْعَةُ إلَى الْجُمْعَةِ وَرَمَضَاُن إلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاةٌ مَا بَيْنَهُنَّ إذَاجْتَنَبَ اْلكَبَائِرَ
Artinya: “Jarak antara shalat lima waktu, shalat jum’at dengan jum’at berikutnya dan puasa Ramadhan dengan Ramadhan berikutnya merupakan penebus dosa-­dosa yang ada diantaranya, apabila tidak melakukan dosa besar”. (HR Muslim)

0 Komentar