Bantuan Mesin Pertanian Dukung Produktivitas

Mesin Pertanian
0 Komentar

CIKAUM-Sebagai upaya mendukung produktifitas pertanian di wilayah Kecamatan Cikaum, Dinas Pertanian Kabupaten Subang mengelontorkan sejumlah bantuan alat mesin pertanian.

Bantuan tersebut akan turun di lima Kelompok Tani dari lima desa di Kecamatan Cikaum.

Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Cikaum, Andi Sukandi, SE., mengungkapkan, ada dua jenis bantuan sarana pertanian yang akan digelontorkan kepada petani di Kecamatan Cikaum pada tahun 2023 ini. Bantuan tersebut berupa mesin panen dan sarana pertanian.

Baca Juga:Operasi Pasar Murah, Pemkab Siapkan 28.000 Paket SembakoAll New Agya 2023 Tampil Baru dan Mewah

“Bantuan alsintan (alat mesin pertanian) yang cukup fenomenal untuk kami petani Cikaum berupa alat panen paling canggih saat ini yaitu 1 unit mesin komben harvester, bantuan ini diberikan untuk Desa Tanjungsari Barat,” ujar Andi, dalam kegiatan Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar yang digelar di Desa Mekarsari, beberapa waktu lalu.

Selain bantuan mesin komben, Kecamatan Cikaum juga mendapat bantuan sarana pertanian lainnya berupa pembangunan jalan usaha tani atau JUT yang tersebar di empat desa.

“Bantuan lainnya berupa empat titik JUT atau jalan usaha tani bidang holti, ini usaha pemerintah untuk meningkatkan kualitas tanaman holtikultura dengan membuatkan jalan usaha taninya, jalan usaha tani ini ada di empat desa di Kecamatan Cikaum, yaitu Desa Kawunganten, Sindangsari, Tanjungsari Timur dan Cikaum Timur,” paparnya.

Andi menyebut, keseluruhan bantuan sarana pertanian ini totalnya mencapai Rp1,2 miliar. “Kalau ditotal nilainya hampir Rp1,2 miliar bantuan pertanian yang digelontorkan tahun ini ke Cikaum,” ucapnya.(dan/ysp)

0 Komentar