Pustaka Goes Ngabuburit, Baca Buku Menunggu Buka Puasa

Pustaka Goes Ngabuburit
0 Komentar

SUBANG-Ada pemandangan yang tidak biasa di Taman Pelangi Bintang Subang, Pustaka Goes Ngabuburit hadir dengan becak motor (cator) yang membawa beragam judul buku-buku.

Cator tersebut, merupakan Pustaka Goes Ngabuburit dari Perpustakaan Daerah Kabupaten Subang, yang digelar setiap weekend.
“Unik sih, kita ngabuburit sambil baca buku,” ujar Warga Sidodadi Subang, Keysia.

Menurutnya, ngabuburit sambil membaca buku, membuat waktu tidak terasa ketika menjalankan ibadah puasa. Terlebih, dengan membaca buku bisa menambah pengetahuan.

Baca Juga:Targetkan 181.642 Balita Vaksin Polio380 Lahan Persawahan Ditanami Kedelai

Warga lainnya, Damar Riyadi mengatakan, tiap Sabtu dan Minggu ia kerap menghabiskan waktu pada sore hari di Taman Pelangi Bintang Subang. Selain ngabuburit, ia sering membaca buku dari perpustakaan daerah.

“Ngabuburit sekalian baca buku, waktu seakan tidak terasa,” katanya.

Ia menyebut, buku-buku yang dihadirkan Perpustakaan Daerah Kabupaten Subang, banyak yang versi lama maupun yang terupdate, dengan banyak judul dan penerbit. Ia berharap, perpustakaan daerah menggelar baca buku sore hari di lapang bintang tidak hanya ketika bulan Ramadan saja.

“Pengennya sih terus ada, tidak hanya pada saat bulan Ramadan saja,” pintanya.

Kepala Bidang Pengelolaan dan pelayanan Perpustakaan Kabupaten Subang, Tian Sri Suryanti S.AP., M.Si mengatakan, Pustaka Goes Ngabuburit sengaja dihadirkan di tengah masyarakat sebagai sarana untuk menunjang literasi secara masive, sehingga masyarakat yang tidak sempat berkunjung ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Subang, bisa membaca buku di lapangan terbuka.

“Kami sengaja menghadirkan program ini. Barangkali masyarakat ingin membaca di ruang yang terbuka,” ungkapnya.

Mengenai jumlah eksemplar, saat ini Perpustakaan Daerah Kabupaten subang memiliki jumlah buku sebanyak 32.697 eksemplar, terdiri dari 12.794 judul. Pada tahun 2022, jumlah pembaca yang terdata ada sebanyak 20 ribuan selama setahun.

“Kita berharap, tahun 2023 ini jumlah pembaca meningkat. Tentunya dengan inovasi yang kita lakukan, salah satunya adalah Pustaka Goes Ngabuburit ini,” timpalnya.(ygo/ery)

0 Komentar