Mandi Wajib Sebelum Puasa Menurut Islam

Hukum & Waktu Mandi Wajib Sebelum Puasa Menurut Islam
Tentang pentingnya mandi wajib sebelum memulai ibadah puasa bagi umat Islam
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRESMandi wajib sebelum puasa adalah salah satu tindakan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam sebelum memulai ibadah puasa/shaum. Terdapat beberapa dalil yang menunjukkan pentingnya mandi wajib sebelum puasa, di antaranya adalah:

Hadis dari Abu Hurairah ra. ia berkata: “Telah bersabda Rasulullah saw., ‘Barangsiapa yang bangun di pagi hari dalam keadaan junub (setelah bersetubuh atau mimpi basah), maka puasanya tidak sah.’”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadis dari Abdullah bin Zaid ra. ia berkata: “Rasulullah saw. telah bersabda kepada kami saat kami melakukan shalat malam di masjid: ‘Hai orang-orang yang melakukan shalat malam, siapkanlah untuk berpuasa esok hari.’ Kemudian aku bangun keesokan harinya dalam keadaan junub, maka aku mandi dan berpuasa.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca Juga:Perubahan Kebijakan Baru Google untuk Aplikasi Pinjaman OnlineTelkomsel dan IndiHome Menjadi Satu, Bagaimana Keuntungan Pelanggan?

Dari dua hadis di atas, dapat disimpulkan bahwa mandi junub sebelum puasa sangatlah penting karena puasa yang sah hanya dapat dilakukan oleh orang yang bersih dari hadas besar seperti junub.

Oleh karena itu, umat Islam diharapkan untuk melakukan mandi wajib sebelum memulai ibadah puasa agar puasanya diterima oleh Allah SWT.

Apakah boleh berpuasa jika belum mandi wajib?

Sebaiknya, seseorang yang masih dalam keadaan junub atau belum mandi wajib sebaiknya tidak memulai puasa.

Karena dalam Islam, puasa hanya akan sah jika dilakukan oleh orang yang bersih dari hadas besar seperti junub.

Oleh karena itu, mandi wajib sebelum memulai puasa sangatlah penting.

Terdapat sebuah hadis yang menguatkan pentingnya mandi wajib sebelum puasa, yaitu hadis dari Abu Hurairah ra. ia berkata: “Telah bersabda Rasulullah saw., ‘Barangsiapa yang bangun di pagi hari dalam keadaan junub (setelah bersetubuh atau mimpi basah), maka puasanya tidak sah.’”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadis tersebut, jelas bahwa puasa yang dilakukan oleh orang yang masih dalam keadaan junub tidak akan sah.

Oleh karena itu, sebaiknya mandi wajib dilakukan sebelum memulai puasa agar puasa yang dilakukan benar-benar sah dan diterima oleh Allah SWT.

0 Komentar