Kumpulan Ceramah di Bulan Ramadhan, Singkat Banget!

Teks Ceramah Singkat Idhul Adha
Teks Ceramah Singkat Idhul Adha
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES: Kumpulan Ceramah di Bulan Ramadhan Singkat Yang Bisa Kamu Pakai Saat Acara Keagamaan di Bulan Ramdhan

Ceramah merupakan salah satu cara penyampaian yang di lakukan seperti pidato dengan berisi mengenai ajaran-ajaran agama. Hal ini biasa di lakukan ketika acara keagamaan seperti pengajian maupun yang lainnya.

ketika saat bulan ramadhan, selain identik masyarakat muslim dengan berpuasa juga identik dengan ceramah yang penuh makna. Ceramah yang biasanya di bacakan oleh ustaz atau khatib aat sebelum salat tarawih atau ketika kuliah subuh juga biasa di lakukan untuk bacaan sehari-hari.

Baca Juga:Baca Manhwa ‘Undercover Chaebol High School’ Sub Indo Gratis di Sini!HP 2 Jutaan Terbaik! Infinix Hot 30 Spesifikasi Lengkap dan Harga!

Nah, buat kamu yang sedang ingin berceramah dan mencari referensi ceramah singkat, kamu bisa simak artikel ini selengkapnya.

Ramadan merupakan bulan kesabaran. Mengapa di sebut bulan kesabaran? Karena ibadah yang utama di bulan ini adalah puasa dan puasa adalah separuh dari kesabaran.

Rasulullah saw. bersabda:

“Puasa itu separuh kesabaran” (HR. Tirmidzi)

Menahan diri inilah bagian dari pendidikan kesabaran yang Allah canangkan melalui puasa dan Allah telah menyediakan banyak keutamaan untuk orang-orang yang sabar.

Bahwa ulama mengkategorikan kesabaran pada tiga hal:

  • Sabar terhadap nikmat, sebagai contoh ketika seorang mendapatkan nikmat berupa jabatan, ia harus bersyukur dan bersabar pula dalam menjalankankan jabatannya, sehingga jika ada yang mengajaknya bermaksiat, ia akan mampu menolaknya.
  • Sabar terhadap Musibah, yaitu saat seseorang mendapatkan kesulitan lalu ia pasrah tanpa berusaha menghilangkan kesulitan itu atau mencari solusinya dikatakan sabar.
  • Sabar terhadap Ibadah. Salat, Puasa, Zakat adalah implementasi kesabaran kita untuk taat kepada Allah.

Maka barangsiapa yang mampu menjadikan dirinya sebagai orang yang sabar, Allah berjanji dan memberikan hadiah yaitu akan di liputi dan di naungi Allah Swt. dengan rahmat, perlindungan. pertolongan, dan rida-Nya.

Semoga di bulan Ramadan yang juga di kenal sebagai bulan kesabaran ini kita mampu melatih kesabaran kita dan di kuatkan kesabaran kita oleh Allah Swt.

0 Komentar