Pembukaan Akses Jalan Ditargetkan Lima Hari Kerja

Akses Jalan
0 Komentar

Turunkan Alat Berat

PURWAKARTA-Bencana longsor di Desa Panyindangan ini membuat akses jalan penghubung Kecamatan Sukatani dengan Kecamatan Tegalwaru terputus. Selain itu ada juga bangunan rumah warga yang terseret sampai ambruk ke tanah. Serta kejadian ini tidak menelan korban jiwa.

Sekda Kabupaten Purwakarta Norman Nugraha memastikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta segera membuka akses jalan yang tertutup material longsor di Desa Panyindangan tersebut.

“Untuk mempercepat membersihkan jalan dari material longsor kita akan menurunkan alat berat ukuran besar hari ini. Di lokasi sudah ada alat berat tapi ukurannya kecil. Semoga dalam waktu lima hari kerja jalur tertutup material longsor sudah bisa dibuka dan digunakan,” kata Norman di lokasi longsor, Minggu (7/5).

Baca Juga:Pemkab Usulkan 600 Formasi PPPKKirab Pataka Ajang Pererat Tali Silaturahmi

Norman memperkirakan berdasarkan kondisi di lapangan saat ini, baik dari panjang jalan yang tertutup dan banyaknya material longsor, butuh waktu membersihkan jalan dari material longsor.

Saat ini, ujar Norman, akses jalan yang tertutup longsor tersebut tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. “Semoga dalam waktu lima hari, akses jalan ini bisa kembali dilalui kendaraan,” jelas Norman.

Selain menyingkirkan material longsor dari badan jalan, pihaknya juga akan membuat drainase atau saluran air baru agar longsor tidak kembali terjadi. Sebab, salah satu penyebab terjadinya longsor karena aliran air tertutup sehingga menggerus tanah yang ada di sekitarnya.

Bencana longsor di Desa Panyindangan juga menyebabkan puluhan rumah warga rusak, mulai rusak ringan, sedang hingga berat. “Berdasarkan data yang ada, setidaknya ada 44 rumah yang terdampak. Bagi warga yang rumahnya rusak berat akan dilakukan relokasi,” jelas Norman.

Dilokasi yang sama, Ryan Kepala Dinas Binamarga, Yudy kepala BPPD Kab Purwakarta dan sejumlah Muspika Kec Sukatani. Bersama warga, terus berjibaku berupaya membuka jalan dilokasi.

“Akan kita perhitungkan atau estimasikan pembangunan drainase, perbaikan jalan, hingga jika dibutuhkan membuka akses jalan baru,” ujar Ryan.(mas/sep)

0 Komentar