Ongkos Ibadah Haji Naik, Pelayanan Harus Meningkat

Ibadah Haji
0 Komentar

IPHI: Warga Subang Banyak yang Mampu

SUBANG-Musim Ibadah Haji akan dilaksanakan di bulan Juni 2023. Pemberangkatan dimulai pada tanggal 8, 14 dan 21 Mei 2023 kelompok terbang (kloter), yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari dalam bimbingan manasik.

Kementerian Agama Subang mengklaim, untuk daftar tunggu haji sudah mencapai 20 tahun ke depan.

Ketua PD Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Subang, H Dadang Kurnianudin mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah pemerintah untuk memberikan kuota dan memberangkatkan umat muslim khususnya di Subang untuk berangkat ibadah haji. Walaupun biaya untuk ONH mengalami kenaikan.

Baca Juga:Penanganan Pasca Banjir Belum TerlihatPolisi Imbau Pelajar Jangan Gunakan Narkoba

“Kami mengapresiasi pemerintah yang sudah memberikan kuota untuk masyarakat Subang,” ujarnya.

Menurutnya, kenaikan Ongkos Naik Haji (ONH) yang dari Rp38 jutaan menjadi Rp52 jutaan tersebut, harus diimbangi dengan pelayanan yang maksimal mulai. Dari mulai makanan, minuman dan penginapan untuk para calon haji.

Dadang mengatakan, jika melihat dari tingginya minat masyarakat Subang untuk beribadah haji, kemampuan masyarakat Subang bisa dikatakan sangat tinggi dan banyak yang mampu dari segi keuangan.

“Bisa dikatakan seperti itu. Banyak yang memiliki aset lahan, bangunan, ataupun usaha. Kemampuan finansial tersebut bisa dikatakan sangat mampu,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Haji Kementerian Agama Kabupaten Subang H Rozak mengatakan, untuk daftar tunggu haji mencapai 20 tahun ke depan. Masyarakat Subang mendaftar dengan cara mencicil.

“20 tahun ke depan waiting list untuk naik haji,” ungkapnya.

Jika melihat dari pendaftar, H Rozak mengatakan, didominasi dari wilayah Pantura dan Subang Kota, bahkan ada yang berusia 17 tahun tapi sudah melakukan pendaftaran.(ygo/ery)

0 Komentar