45 Grup di Subang Ramaikan Lomba Rampak Bedug Piala Bupati Cup 

45 Grup di Subang Ramaikan Lomba Rampak Bedug Piala Bupati Cup 
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES-Bupati Subang menghadiri sekaligus membuka Lomba Rampak Bedug Piala Bupati Cup dalam Rangka Milangkala Ka – 75 Kabupaten Subang. Kegiatan tersebut digelar  di Halaman Radio Benpas Subang, pada Kamis (25/5).

Lomba tersebut diikuti 45 grup yang berusia 17 tahun ke atas (dewasa) yang diikuti oleh perwakilan tiap kecamatan, dan masyarakat umum.

Iwan Rudianto Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Subang selaku ketua panitia menyampaikan, lomba ini diadakan atas inisiasi Bupati Ruhimat yang terinspirasi dari Lomba Rampak Bedug yang pernah diadakan di Kecamatan Purwadadi.

Baca Juga:Polsek Sagalaherang Cegah Aksi Premanisme dan PungliDr Aqua Dwipayana: Karyawan Perhotelan Harus Antisipatif dalam Menjaga Standar Fasilitas serta Kualitas Pelayanan

Dia mengatakan, kegiatan ini tidak menggunakan APBD. Melainkan berasal dari gotong royong pihak sponsorhip.

Kegiatan lomba tersebut bertujuan untuk meneruskan warisan kebudayaan, serta memberi variasi kegiatan keagamaan yang menarik bagi generasi muda agar gemar ke masjid.

Bupati Ruhimat menuturkan, rampak bedug telah digunakan sejak ribuan tahun lalu. Tradisi ini merupakan strategi dakwah dari wali songo, khususnya Sunan Kalijaga untuk mempercepat penerimaan masyarakat terhadap agama Islam.

Bupati berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat menguatkan kebersamaan dan gotong royong serta mempererat tali persaudaraan dalam mewujudkan Subang Jawara (Jaya, Istimewa, Sejahtera).

Setelah memberi sambutan, Bupati Ruhimat meresmikan pembukaan lomba tersebut dengan pemukulan bedug didampingi Dandim 0605 Subang, Wakapolres Subang, dan Kasi Bintal Lanud Suryadarma.

Hj Yoyoh Sopiah Ruhimat dan pengurus DWP Kabupaten sangat menyambut baik kegiatan Lomba Rampak Bedug Piala Bupati Cup Tahun 2023.

Dia menyampaikan, kegiatan ini merupakan upaya untuk melestarikan kebudayaan tradisional serta mengandung nilai keagamaan. Ia pun mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Subang untuk hadir memeriahkan kegiatan tersebut yang merupakan rangkaian HUT ke-75 Kabupaten Subang.

0 Komentar