Hati-Hati Dalam Beramar Makruf Nahi Mungkar

Hati-Hati Dalam Beramar Makruf Nahi Mungkar
Sumber foto : muhammadiyah.or.id
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRESDi dalam Amar Makruf Nahi Munkar dalam menyeru kepada kebaikan dan melarang kemungkaran, teman-teman sekalian.

Kita diperintahkan dalam setiap kehidupan untuk tidak tergesa-gesa memvonis orang atau mencela orang bahkan sampai berprasangka buruk.

Karena bisa saja orang itu juga punya alasan sebenarnya yang tidak kita ketahui. Misalnya kalau lihat ada orang tidak shalat didepan masjid, misalnya kita itu kebetulan mampir atau memang sengaja akan shalat di mesjid. Kita gak boleh langsung memvonis orang tersebu. Kok ada ahli neraka depan masjid dan gak shalat. Sebagai umat muslim yang baik dan benar adalah kamu tanya terlebih dahulu.

Baca Juga:Baca Manhwa ID The Girl Downstairs Full Episode, Mahasiswa Baru dan Mantan IdolaUpdate! Nonton Anime Tensei Kizoku no Isekai Boukenroku Episode 10 Bahasa Indonesia, Sihir Pencipta Level 10

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, “Apakah anda muslim, mungkin sebenarnya dia musafir atau sudah jamak. Bisa juga dia sudah melaksanakan Shalat di mesjid lain dan kebetulan dia lewat untuk mampir istirahat sejenak.

Sebaik-baiknya kita sebagai muslim, dalam islam juga dosa ketika kita berprasangka buruk dan berpikiran negatif pada seseorang. Yang belum tentu benar kenyataannya. Jangan asal menghakimi walaupun itu bukan agama islam.

Mengutip dari Surah Ali Imran Ayat 104 : yaitu yang isinya mengenai Ajakan kepada setiap umat Muslim untuk memperingati Amar Makruf Nahi Munkar

Amar Makruf Nahi Mungkar artinya ketika Setiap umat muslim alangkah lebih baik untuk melaksanakan yang berkaitan dengang hal apapun yang baik. Mengingatkan kepada kebaikan dengan sesama umat muslim lainnya. Karena setiap umat muslim sudah seperti saudara. Itulah yang disebut dengan Amar MakRuf Nahi Munkar.

Amar Makruf Nahi Munkar sebenarnya wajib bagi muslim dengan memberikan contoh yang baik kepada semua orang. Setiap umat Muslim harus menghindari perilaku buruk dan yang tidak baik. Menjauhkan dari kesesatan.

Allah SWT berfirman dalam Surah Ali Imran Ayat 104 :

وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى ٱلْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ ۚ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُفْلِحُونَ

Arab: Waltakum mingkum ummatuy yad’uuna ilal-khairi wa ya`muruuna bil-ma’rufi wa yan-hawna ‘anil-mungkar wa ulaaika humul-muflihun

Artinya: “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.”

0 Komentar