398 Rumah di Subang Tanpa Listrik

Subang
0 Komentar

PLN Siap Salurkan Program Kementerian ESDM

SUBANG-Kelistrikan sangat diperlukan dalam kehidupan. Penerangan dan alat elektronik yang membutuhkan daya listrik, tidak terlepas dalam kehidupan sehari-hari. Di Kabupaten Subang, khususnya di wilayah Tengah, Barat dan Selatan, masih ada ratusan rumah yang tidak teraliri oleh listrik.

Bisa dikatakan, rumah yang belum dialiri listrik berada di daerah yang terpencil, sehingga pada malam hari masih menggunakan lampu penerangan seadanya.

Kementerian ESDM dalam waktu dekat, akan melakukan ratusan pemasaran sambungan bagi rumah yang masih belum terlairi listrik.

Baca Juga:Warga Bersyukur Jalan Rusak DiperbaikiPatroli Malam Jamin Keamanan dan Kenyamanan Masyarakat

“Berdasarkan rasio elektrifikasi di Kabupaten Subang, ada sebanyak 398 rumah yang belum teraliri listrik,” ungkap Manager ULP Subang, Madruji.

Ratusan rumah tersebut, kata dia, tersebar di berbagai wilayah, yang mama sampai saat ini masih menggunakan penerangan secara sederhana. PLN dalam waktu dekat akan melakukan survei terhadap ratusan rumah tanpa listrik tersebut dan melakukan evaluasi.

“Kita akan lakukan survei yang akan ditindaklanjuti dengan evaluasi,” jelasnya.

Madruji mengatakan, direncanakan pada tahun 2023 ini, akan ada pemasaran untuk sambungan kelistrikan terhadap 398 rumah tanpa listrik.

Program tersebut berasal dari Kementerian ESDM, yang mana nantinya masyarakat yang tinggal dirumah tanpa listrik akan menikmati daya kelistrikan.

“Kami, selaku penyedia jasa akan melakukan pemasangan. Tentunya, setelah ada instruksi dari Kementerian ESDM, namun belum diketahui kapan akan di lakukan,” paparnya.

Seperti diketahui Bupati Subang H Ruhimat pernah meminta kepada masyarakat yang belum menikmati aliran listrik, agar mengusulkan kepada pemerintah daerah, untuk dibuatkan program listrik masuk desa.
“Usulkan. Jika ada anggaran, Pemda akan bekerjasama dengan PLN untuk itu,” katanya.(ygo/ery)

0 Komentar