Apa itu NFC Pada HP Sony Xperia 1 dan Cara Mengaktifkannya

Apa itu NFC Pada HP Sony Xperia 1 dan Cara Mengaktifkannya
Apa itu NFC Pada HP Sony Xperia 1 dan Cara Mengaktifkannya (dok.pexels.com/Sasha Kim)
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES Apa itu NFC pada HP Sony dan cara mengaktifkan fitur ini? mungkin sebagian oran gmasih belum memahami kegunaan NFC. Bagi penggemar smartphone fitur NFC pasti sudah gak asing lagi. KArena fitur yang satu ini memiliki sejumlah kegunaan yang memudahkan aktivitas sehari -sehari.

Fitur ini terbilang hanya tersedia di kelas mid-range dan flagship saja. Dengan menggunakan fitur NFC ini akan berguna untuk mendukung aplikasi pembayaran digital seperti Samsung Pay dan Apple Pay. Berikut ini penjelasan tentang NFC pada HP Sony Xperia 1 dan cara mengaktifkannya.

Tentang NFC

NFC (Near Field Communication) yang berarti komunikasi dengan jarak dekat, membutuhkan dua perangkat kompatibel. Di mana satu perangkat bertindak sebagai transmitter dan satu perangkat lagi untuk menangkap sinyal.

Baca Juga:Apa itu NFC Smartphone? Simak Kegunaannya untuk Sehari-SehariSinopsis dan Pemain Film Horor Kutukan Peti Mati (2023), Adaptasi Novel

Terdapat dua jenis perangkat yang kompatibel dengan fitur NFC, yakni perangkat aktif dan pasif. Contoh dari perangkat aktif sudah bisa mengirim atau menerima data. Contohnya adalah smartphone yang sudah dilengkapi dengan fitur NFC, atau adapula pembaca kartu yang biasa tersedia di mesin pembayaran digital dan transportasi umum.

Sedangkan contoh perangkat pasif adalah kartu uang elektronik. Perangkat pasif hanya bersifat dependen, atau membutuhkan perangkat lain untuk bisa terhubung. Tidak hanya bisa melakukan pembayaran lewat Apple Pay atau Samsung Pay saja, smartphone yang memiliki fitur NFC juga dapat digunakan untuk membaca jumlah saldo yang tersisa. Termasuk penggunanya bisa melakuakn pengisian kartu uang elektronik.

Caranya juga terbilang cukup mudah yaitu hanya dengan menempelkan kartu ke bagian belakang atau punggung ponsel. Kegunaan fitur NFC lainnya yaitu bisa dengan mudah menghubungkan perangkat lain ke smartphone contohnya seperti kamera digital. Dengan fitur NFC juga smartphone bisa digunakan sebagai pembayaran tiket transportasi umum atau saat akan memasuki suatu acara.

0 Komentar