Apa itu NFC Smartphone? Simak Kegunaannya untuk Sehari-Sehari

syarat bikin SIM
Ilustrasi syarat bikin SIM
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRESApa itu NFC smartphone? mungkin sebagian orangmasih belum mengetahui kegunaan dari NFC untuk aktivitas sehari-hari. Padahal NFC memiliki kegunaan yang sangat membantu bagi penggemar smartphone.

Fitur ini memang mulai  hadir di beberapa ponsel, terutama ponsel di kelas mid-range dan flagship. Adanya fitur NFC berguna untuk mendukung aplikasi pembayaran digital secara nirkontak (contactless) seperti  Samsung Pay dan Apple Pay. Namun, bagaimana sih cara kerja fitur NFC di smartphone? yuk simak penjelasan selengkaponya beriku tini.

Apa itu NFC?

NFC adalah singkatan dari “Near Field Communication” atau berarti komunikasi medan dekat. Fitur NFC membutuhkan dua perangkat kompatibel, yang atu bertindak sebagai transmitter dan satunya lagi sebagai penangkap sinyal.

Baca Juga:Sinopsis dan Pemain Film Horor Kutukan Peti Mati (2023), Adaptasi NovelLink Baca Manhwa Undercover Chaebol Chapter 30 Bahasa Indonesia

Terdapat dua jenis perangkat yang kompatibel dengan fitur NFC, yakni perangkat aktif dan pasif. Contoh perangkat pasif adalah kartu uang elektronik. Perangkat pasif hanya bersifat dependen, atau membutuhkan perangkat lain untuk bisa terhubung.

Sedangkan perangkat aktif sudah bisa mengirim atau menerima data. Contohnya adalah smartphone yang sudah dilengkapi dengan fitur NFC, atau adapula pembaca kartu yang biasa tersedia di mesin pembayaran digital dan transportasi umum.

Bukan hanya bisa melakukan pembayaran melalui Apple Pay atau Samsung Pay saja, smartphone yang memiliki fitur NFC juga dapat digunakan untuk membaca saldo yang tersisa. Termasuk dapat melakukan pengisian kartu uang elektronik. Caranya juga terbilang cukup mudah yaitu hanya dengan menempelkan kartu ke bagian belakang atau punggung ponsel.

Kegunaan fitur NFC lainnya yaitu bisa dengan mudah menghubungkan perangkat lain ke smartphone seperti kamera digital misalnya. Melalui fitur NFC juga smartphone bisa digunakan sebagai pembayaran tiket transportasi umum atau saat akan memasuki suatu acara.

Kegunaan NFC untuk kehidupan sehari-sehari

Fitur NFC miripseperti bluetooth atau WiFi yang bertumpu pada gelombang radio sebagai sarana untuk mengirimkan informasi. NFC menggunakan teknologi Radio-frequency identification (RFID). Teknologi ini adalah jenis lama yang menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirimkan informasi penting.

0 Komentar