Apa Itu Support NFC? Simak Keistimewaannya di Sini!

Apa yang dimaksud NFC Pada HP
Apa yang dimaksud NFC Pada HP(thetechtian.com)
0 Komentar

Pasundan EkspresApa itu support NFC? simak jawabannya di akhir artikel ini.

Bagi kamu pecinta smartphone tentu sudah fakiliar dengan yang namanya NFC.

Fitur ini memang mulai marak di beberapa ponsel, khususnya di kelas mid-range dan flagship.

Baca Juga:Apa Fungsi NFC dari Android? Simak Keistimewaannya di Sini!Kepoin Kacamata Apple 52 Juta Vision Pro, Apa Canggihnya?

NFC dapat berguna untuk melengkapi aplikasi pembayaran digital secara nirkontak (contactless) seperti Apple Pay dan Samsung Pay.

Pengertian NFC

NFC adalah singkatan dari “Near Field Communication” atau bisa juga diartikan sebagai komunikasi medan dekat.

Fitur NFC memerlukan dua perangkat yang masing-masing kompatibel. Satu berfungsi sebagai transmitter dan satu lagi sebagai penangkap sinyal.

Ada dua jenis perangkat yang kompatibel dengan fitur NFC, yaitu perangkat pasif dan aktif.

Contoh perangkat pasif contohnya seperti kartu uang elektronik atau perangkat transmitter kecil lainnya yang hanya bisa mengirim informasi ke perangkat NFC lain tanpa memerlukan daya.

Perangkat seperti itu tidak perlu mengolah lagi informasi yang diterima dari perangkat lain.

Perangkat pasif hanya bersifat dependen, atau hanya memerlukan perangkat lain untuk bisa terhubung.

Sedangkan perangkat aktif bisa mengirim ataupun menerima data.

Baca Juga:Apa NFC HP? Simak Arti dan Cara Kerjanya di Sini!Sinopsis THE IDOL, Serial Jennie BLACKPINK Menuai Reaksi Buruk!

Contohnya seperti smartphone yang sudah dilengkapi dengan fitur NFC. Ada juga pembaca kartu yang biasa tersedia di transportasi umum atau mesin pembayaran digital.

Bukan hanya melakukan pembayaran lewat terminal Samsung Pay atau Apple Pay tadi, smartphone yang memiliki fitur NFC juga bisa kamu pakai untuk membaca saldo yang tersisa sekaligus mengisi kartu uang elektronik.

Caranya mudah, kamu hanya perlu menempelkan kartu ke punggung ponsel.

Selain itu, fungsi NFC lainnya yaitu termasuk menghubungkan perangkat lain ke smartphone dengan mudah, misalnya kamera digital.

Dengan fitur NFC, smartphone juga bisa dipakai sebagai “tiket” untuk sarana transportasi umum atau jika ingin memasuki venue suatu acara.

Cara Kerja NFC

Jika dilihat dari cara kerja NFC, fitur ini mirip dengan bluetooth atau WiFi yang bertumpu pada gelombang radio untuk mengirimkan informasi.

Teknologi yang dipakai pada NFC sendiri yaitu Radio-frequency identification (RFID) jenis lama yang memakai induksi elektromagnetik untuk mengirimkan suatu informasi.

0 Komentar