20 Desa dan 10 Kecamatan Ini akan Dilalui Tol Akses Patimban, Ini Daftarnya

Tol Cisumdawu
Tol Cisumdawu
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES– Kabupaten Subang siap menyambut jalan tol baru yang diberi nama Tol Akses Patimban.

Jalan tol ini akan membentang sepanjang 37,05 kilometer dan direncanakan akan dimulai pembangunannya pada paruh kedua tahun ini.

Tol Akses Patimban terdiri dari lima seksi yang terbagi menjadi dua. Seksi 1 dan 2, dengan total panjang 14,11 kilometer, akan menjadi tanggung jawab Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), sementara porsi Pemerintah akan mengawasi pembangunan seksi 3-5 yang memiliki panjang 22,94 kilometer.

Baca Juga:Beberapa Hal yang Kamu Perlu Tau Tentang Johnson ML, Lengkap dengan Build dan CounternyaOh Begitu, Ini Dia Tips dari Pro Player Mobile Legends agar Bisa Cepat Naik Level

Kelima seksi tol ini meliputi Seksi 1 Junction Cipeundeuy-SS Cipeundeuy sepanjang 2,65 kilometer, Seksi 2 SS Cipeundeuy-SS Pasir Bungur sepanjang 10,06 kilometer, Seksi 3 SS Pasir Bungur-SS Tambak Dahan sepanjang 16,10 kilometer, Seksi 4 SS Tambak Dahan-SS Pusakanegara sepanjang 7,11 kilometer, dan Seksi 5 SS Pusakanegara-Patimban sepanjang 1,13 kilometer.

Proyek Tol Akses Patimban akan menggunakan lahan seluas 340,115 hektar, yang akan menghubungkan Pelabuhan Patimban dengan Kawasan Industri Suryacipta (Subang Smartpolitan) dan Tol Cipali.

Tahap penetapan lokasi (panlok) proyek ini telah dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Dalam pembangunan Tol Akses Patimban, terdapat 20 desa yang akan dilewati oleh jalan tol ini, yang terletak di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Subang.

Beberapa desa yang akan terdampak tol Patimban antara lain:

  1. Desa Sawangan,
  2. Desa Kosar,
  3. Desa Karanghegar,
  4. Desa Panyingkiran,
  5. Desa Rancamahi,
  6. Desa Pasirbungur,
  7. Desa Rancabango,
  8. Desa Pasirmuncang,
  9. Desa Mekarsar,
  10. Desa Jatibaru,
  11. Desa Tanjungrasa,
  12. Desa Wanajaya,
  13. Desa Mariuk,
  14. Desa Gardumukti,
  15. Desa Kertajaya,
  16. Desa Rancasari,
  17. Desa Bongas,
  18. Desa Rancahilir,
  19. Desa Kotasari,

Desa Pusakajaya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat bahwa pembangunan Tol Akses Patimban akan dimulai pada Semester 2 Tahun 2023.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang dipimpin oleh Danang Parikesit menyatakan bahwa konstruksi jalan tol yang menjadi tanggung jawab BUJT akan segera dimulai.

Baca Juga:Jokowi Nilai Ganjar Punya Keberanian dan Nyali, Penting untuk PimpinanMenilik Kasus Siswi SMP di Jambi yang Dilaporkan Karena Kritik Pemkot

Dengan adanya Tol Akses Patimban ini, diharapkan akses transportasi di Kabupaten Subang dapat lebih lancar dan efisien, serta memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan konektivitas wilayah.

0 Komentar