Satpolairud Intensifkan Patroli, Jaga Kamtibmas dan Cegah Laka Air

Satpolairud
0 Komentar

PURWAKARTA-Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Purwakarta mengintensifkan patroli perairan guna mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) perairan dan mencegah kecelakaan air di Kabupaten Purwakarta.

Patroli perairan yang dilakukan di wilayah Waduk Jatiluhur dan sebagian Waduk Cirata ini merupakan bentuk pelayanan Satpolairud Polres Purwakarta kepada masyarakat, khususnya masyarakat pesisir.

Kapolres Purwakarta AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kasatpolairud AKP Jajang Sukandar mengatakan, patroli dilakukan untuk menjaga kekondusifan dan memberikan kenyamanan serta keamanan bagi masyarakat yang beraktivitas di perairan.

Baca Juga:Ratusan Bibit Buah Naga Golden Isis dan Pepaya Merah Delima Ditanam di Lahan Seluas 1,5 HektarePanen Hadiah Simpedes BRI Cabang Pamanukan Meriah Bertabur Hadiah

“Sambil melakukan patroli, kami juga memberikan imbauan terhadap pengemudi perahu di Waduk Jatiluhur untuk selalu mengutamakan keselamatan saat melakukan perjalanan,” kata Jajang kepada wartawan, Ahad (25/6).

Hal tersebut, lanjutnya, dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan perairan, khususnya di wilayah Waduk Jatiluhur dan sebagian waduk Cirata.

Jajang pun menegaskan pihaknya terus melakukan sosialisasi tentang keselamatan yang merupakan salah satu upaya mencegah terjadinya kecelakaan air. “Pasalnya, perahu di Waduk Jatiluhur dan Cirata masih menjadi alat transportasi utama masyarakat untuk keperluan sehari-hari yang beraktivitas di Keramba Jaring Apung (KJA),” ujarnya.
Pihaknya pun selalu mengingatkan masyarakat, pengemudi perahu dan pengguna transportasi air lainnya agar memperhatikan faktor keamanan, terutama penggunaan pelampung selama dalam perjalanan.

“Pastikan kapal tidak bocor, pompa air dapat berjalan dengan baik, perahu wajib memilki alat keselamatan, baik berupa jaket pelampung maupun ban pelampung, serta yang tak kalah jangan memuat penumpang melebihi kapasitas yang telah ditentukan,” ucap Jajang.

Selain itu, kata dia, jajaran Satpolairud Polres Purwakarta juga melakukan pengecekan alat kelengkapan kapal berupa pelampung dan ring bouy.

“Kami juga melakukan pengecekan kelaikan Kapal seperti bodi dan mesin kapal. Kami juga memeriksa Surat Sungai dan Danau (SKK) ASDP Provinsi Jabar, serta pengecekan Surat Asuransi Jasa Raharja Kabupaten Purwakarta,” katanya.

Jajang juga mengingatkan para pengemudi perahu maupun para nelayan agar selalu memperhatikan cuaca. “Baik di waduk Jatiluhur maupun Cirata untuk kepentingan keselamatan,” ujarnya.(add/sep)

0 Komentar