4 Manfaat Asem Jawa Yang Belum Kamu ketahui, Salah Satunya Bisa Menyehatkan Jantung

4 Manfaat Asem Jawa Yang Belum Kamu ketahui, Salah Satunya Bisa Menyehatkan Jantung
manfaat asam jawa yang dapat mengobati jantung Foto. freepik
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRESAsam jawa atau tamarin adalah tumbuhan khas daerah tropis yang sangat mudah kita jumpai.

Sebagai salah satu rempah pilihan yang sering di pakai dalam bumbu masakan, asam jawa ternyata menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan Anda.

Penasaran apa saja manfaat asam jawa?

Manfaat Asem Jawa Bagi Kesehatan

Membantu Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Asam jawa mengandung 6 gram serat tidak larut sehingga membuat feses Anda jadi lebih mudah untuk melewati usus.

Baca Juga:6 Arti Mimpi digigit Ular, Begini Menurut Primbon JawaTrik Unik Untuk Membuat Bakso Daging Sapi Yang Kenyal dan Lembut

Anak-anak di Afrika menggunakan asam jawa sebagai bagian dari sarapan untuk mengatasi sembelit.

Oleh karena itu, minum minuman dengan kandungan asam jawa bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan, seperti diare dan sembelit.

Menjaga Kesehatan Jantung

Asem jawa mempunyai senyawa flavonoid yang dapat menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh sehingga dapat menyehatkan dantung dalam tubuh anda.

Melansir dari hallosehat Efektivitas asam jawa dalam menurunkan kolesterol melalui sebuah penelitian di University of Malaya yang melibatkan binatang percobaan.

Uji coba tersebut menunjukkan adanya penurunan kadar kolesterol jahat (LDL), kolesterol total, dan trigliserida. Ekstrak asam jawa yang diberikan kepada hewan tersebut menyerap dan membantu membersihkan LDL dari jaringan saraf.

Berdasarkan penelitian tersebut, dapat kami simpulkan bahwa antioksidan buah ini dapat membantu menurunkan bahaya oksidatif pada kolesterol jahat yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Membantu Mengontrol Gula Darah

Asam jawa juga di yakini dapat menurunkan kadar gula darah bagi pengguna diabetes, hal ini dapat di pastikan melalui penelitian Universitas Of Malaya.

Baca Juga:6 Drama Populer Yang dibintangi Aktris Choi Sooyoung, Berikut Daftar Dramanya5 Drama Korea Terbaik Yang dibintangi Aktris Im Yoona Dengan Reting Tinggi, Terbaru ‘King The Land’

Pemberian ekstrak asam jawa mampu menurunkan risiko hiperglikemia karena kandungan magnesium yang relatif tinggi.

Magnesium yang terkandung di dalam asam jawa memiliki peran yang penting atas 600 fungsi organ tubuh manusia, termasuk sebagai antidiabetes.

Membantu Menurunkan Berat Badan 

Obesitas terjadi saat kadar lemak tubuh seseorang meningkat secara berlebih, terutama di dalam jaringan lemak.

Uji coba pada tikus gemuk menunjukkan bahwa pemberian ekstrak asam jawa terbukti dapat menurunkan berat badan.

Hal tersebut terjadi karena zat asam hidroksi tikit atau HCA membantu menghambat penyimpanan lemak di dalam tubuh. Akan tetapi, masih memerlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

0 Komentar