Ahmad Sudirman Abbas Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta “Panji Gumilang Tidak Layak Dipenjarakan”

dosen UIN
Ahmad Sudirman Abbas
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Kontroversi muncul lagi dari pernyataan yang terlontar dari seorang dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ahmad Sudirman Abbas, kali ini terkait dipidanakannya Panji Gumilang, pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu.

Sudirman berpendapat bahwa Panji Gumilang tidak layak dipenjarakan, dan dia menjelaskan alasannya dengan berbagai argumen yang berkaitan dengan aspek fiqih dan ajaran agama.

Read more:

Pendiri Al-Zaytun Imam Supriyanto Ungkap Perlindungan Al Zaytun Oleh KSP Moeldoko

Baca Juga:Perlindungan Kebebasan Beragama: Alasan YLBHI Menolak Penerapan Pasal Penodaan Agama Terhadap Panji GumilangResep Rica-Rica Daging Sapi Spesial: Nikmatnya Pedas Kelezatan

Argumen Ahmad Sudirman Abbas Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta

Menurut Sudirman, tidak ada pelanggaran yang dilakukan oleh Panji Gumilang.

Sudirman merujuk pada ayat 53 dari Surat An-Najm dalam Al-Quran yang menyatakan bahwa apa yang diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah berdasarkan wahyu yang diterimanya.

Sudirman selaku dosen UIN menekankan bahwa Rasulullah hanya berbicara berdasarkan wahyu yang diberikan kepadanya oleh Allah, dan tidak pernah mengatakan sesuatu di luar dari wahyu tersebut.

Argumen ini juga didukung oleh ayat-ayat lain dalam Al-Quran, seperti Surat Al-Haqqah ayat 40-43,
yang menegaskan bahwa Nabi sering kali dituduh mengatakan sesuatu berdasarkan kehendaknya sendiri, padahal yang dikatakannya adalah wahyu dari Allah.

Sudirman juga menjelaskan bahwa dalam QS Asy-Syura ayat 11, disebutkan bahwa ketika Rasulullah memberikan qolam atau menyampaikan sesuatu,
itu bukanlah kata-kata dari Allah, tetapi kata-kata yang diberikan makna oleh manusia.

Allah tidak memberikan kalam langsung kepada manusia, melainkan melalui wahyu atau melalui malaikat Jibril.

Read more:

Dengan demikian, qoola rasuulullah, yang berarti perkataan Rasulullah, sebenarnya adalah membingkai kata-kata wahyu yang diterimanya.

Baca Juga:Pendiri Al-Zaytun Imam Supriyanto Ungkap Perlindungan Al Zaytun Oleh KSP MoeldokoDaftar Lengkap Terbaru Link Nonton Film Love (2015) Sub Indo Full HD: Temukan Kisah Drama Romantis yang Provokatif

Menurut dosen UIN yang satu ini, Panji ingin menyampaikan pengetahuan yang dimilikinya kepada semua orang, bukan hanya kepada segelintir orang tertentu.

Panji Gumilang seringkali berdebat dengan argumentasi yang kuat.

Sudirman menekankan bahwa apa yang dibicarakan oleh Panji Gumilang pasti memiliki rujukan dan tidak mungkin tidak memiliki rujukan sama sekali.

Salah satu video yang menjadi perbincangan di masyarakat adalah video di mana Panji Gumilang dengan jelas menyatakan bahwa Al-Quran merupakan karangan Nabi Muhammad SAW.

0 Komentar