Jurusan Teknik Mesin POLSUB dan BRIN Akan Produksi Mesin Pemusnah Sampah dan Roaster Kopi 

Jurusan Teknik Mesin POLSUB dan BRIN Akan Produksi Mesin Pemusnah Sampah dan Roaster Kopi 
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES-Kerjasama Politeknik Negeri Subang (POLSUB) melalui Jurusan Teknik Mesin (JTM) dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Kabupaten Subang terus berlanjut.

Kali ini, JTM dan BRIN berencana akan memproduksi mesin pemusnah sampah dan roaster kopi. Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Ir. Dadang D. Hidayat, M.Eng. Sc. dan Arie Sudaryanto perwakilan dari BRIN ketika berkunjung ke Gedung JTM, belum lama ini (6/7).

Menurut Dadang, mesin roaster kopi karya mahasiswa JTM sangat berpotensi untuk diproduksi di pasaran, terlebih peralatan dan laboratorium yang dimiliki oleh JTM bisa menjadi pendukung untuk memproduksi mesin tersebut.

Baca Juga:Datangi Pasar Tradisional, Unit Reskrim Polsek Kalijati Cek Ketersediaan dan Harga Minyak Goreng Keren! Siswa SMPN 1 Jalancagak Membanggakan Sekolah, Sukses Juara Dua Lomba Pidato dan Kaligrafi tingkat Kabupaten Subang

“Mesin roaster ini bisa untuk produksi masal nantinya, tinggal diajukan nanti,” jelas Dadang.

Pun demikian dengan mesin pemusnah sampah yang diciptakan oleh mahasiswa JTM. Arie Sudaryono menyatakan bahwa mesin yang dibuat oleh mahasiswa tersebut akan sangat berguna nantinya, khususnya jika sudah bisa diproduksi besar – besaran nantinya.

“Apalagi dengan dukungan peralatan yang ada di laboratorium dan bengkel di JTM, tentu akan bisa sangat membantu dalam pembuatan mesin ini,” ujar Arie.

Mesin roaster kopi yang rencananya akan diproduksi masal adalah karya dari Azmi Rahman Maulid, Diki Hisbulloh, Dimas Rizky Umarramdani, dan Fadli Jumardiansyah, Yanuar Iqbal Kamarulloh.

Mereka berhasil membuat mesin tersebut dengan bimbingan dari Roni Suhartono. Sedangkan untuk mesin pemusnah sampah adalah karya dari Anggi Wardani, Aditio Nugroho, Rizki Muzakir, dan Supratman dengan dibimbing oleh Susilawati.

Seluruh mahasiswa dan para pembimbing dari POLSUB bekerjasama dengan para peneliti di BRIN untuk berkolaborasi dalam penyelesaian mesin – mesin tersebut.

Ketua JTM, Aditya Nugraha berharap semoga rencana tersebut bisa terealisasi, sehingga POLSUB bisa menjadi salah satu institusi yang bisa berkontribusi untuk negeri.

Baca Juga:Kontingen Subang Ikuti Popda ke-13 Jawa Barat, Kabid Olahraga: Selamat BertandingSiswa SMPN 1 Jalancagak Juara Dua Lomba Pidato dan Kaligrafi tingkat Kabupaten Subang

“Semoga hal ini bisa terlaksana nantinya sebagai bentuk pengabdian POLSUB kepada masyarakat Subang,” pungkasnya.

0 Komentar