RUU Kesehatan akan Disahkan Hari Ini, Dokter dan Tenaga Kesehatan Gelar Demonstrasi di Depan Gedung DPR RI

ruu kesehatan
Demo RUU Kesehataan oleh Dokter dan Nakes/tangkapan layar: kompastv
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – RUU Kesehatan kabarnya Hari ini, Selasa (11/7/2023) akan disahkan, aksi demonstrasi yang melibatkan dokter dan tenaga kesehatan atau nakes pun dijadwalkan akan berlangsung di depan Gedung DPR RI, Jakarta.

Aksi tersebut merupakan bentuk penolakan terhadap pengesahan Rancangan Undang-Undang atau RUU Kesehatan yang rencananya akan dilakukan melalui sidang paripurna DPR RI.

Organisasi yang terlibat dalam demonstrasi ini adalah Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Baca Juga:MPLS SMA 2023, Bagi Siswa Baru Perhatikan Aturan-aturan Ini7 Sepatu Sneakers Hitam untuk Tampil Keren ke Sekolah, Pakai Sepatu Ini Dapat Gebetan Dijamin Gampang

Koordinasi aksi demo kali ini ditangani oleh organisasi PPNI dengan tema “Selamatkan Kesehatan Rakyat Indonesia”.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI telah menjadwalkan Rapat Paripurna untuk mengambil keputusan terhadap RUU Kesehatan pada hari ini, Selasa (11/7/2023) siang.

“Benar, agenda Rapat Paripurna RUU Kesehatan akan digelar besok, sesuai dengan undangan yang kami terima,” ujar Anggota Komisi IX, Saleh Daulay, saat dikonfirmasi.

Rapat Paripurna RUU Kesehatan tersebut akan berlangsung pukul 12.30 WIB di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta Pusat, sesuai dengan surat undangan bernomor B/288/PW.11.01/7/2023 yang ditandatangani oleh Kepala Biro Persidangan DPR RI, Arini Mijayanti.

Agenda rapat akan membahas pengambilan keputusan terhadap RUU Kesehatan pada tingkat II.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah menjadwalkan kehadiran Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, dalam Rapat Paripurna tersebut, seperti yang dikonfirmasi oleh Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI, Siti Nadia Tarmizi.

“Pak Menkes akan hadir. Saat ini, beliau adalah yang satu-satunya yang telah mengonfirmasi kehadirannya selain pejabat lainnya di lingkup Kemenkes RI,” ujar Nadia.

Baca Juga:4 Tips Memilih Sepatu Sekolah Anak, Pertimbangkan Beberapa Hal Ini, untuk Membuat Nyaman dan AmanJadwal MPLS 2023 bagi Siswa Baru di SMK dan SMA Jawa Barat, yang Sudah Daftar Ulang Simak Ini Ya, Sebagai Persiapan

Sementara itu, anggota Komisi IX DPR, Netty Prasetiyani Heryawan, menyatakan bahwa tidak ada perubahan dalam draf RUU setelah disepakati dalam pembahasan tingkat I.

“Posisinya tetap seperti saat dibicarakan di Komisi IX,” ungkap Netty.

Dengan demikian, demonstrasi dokter dan tenaga kesehatan di depan Gedung DPR RI hari ini akan menjadi wujud penolakan mereka terhadap pengesahan RUU Kesehatan menjadi undang-undang.

0 Komentar