Museum Subang Tempat Generasi Muda Belajar Sejarah

Museum Subang
0 Komentar

Pengelola Terus Inovasi Tingkatkan Kunjungan

SUBANG-Museum Subang yang merupakan salah satu fasilitas publik yang diperuntukan bagi masyarakat umum berfungsi untuk mengumpulkan, merawat dan menyajikan, serta melestarikan warisan budaya masyarakat Kabupaten Subang.

Oleh karenanya, Museum Subang terus mengoptimalkan fasilitasnya dalam wisata edukasi  guna meningkatkan minat generasi muda untuk berkunjung ke museum.

Staf Museum Subang Adeg Perkasa menyampaikan, dalam meningkatkan minat generasi muda khsususnya pelajar untuk berkunjung ke museum, Museum Subang akan mengadakan kegiatan Museum Konncara 2023.

Baca Juga:Kompak Bersihkan Sampah di Pasar PabuaranLinmas Siaga 24 Jam Jaga Kenyamanan dan Keamanan Lingkungan

“Dalam rangka sosialisasi untuk menarik minat minat pengunjung khsusunya bagi pelajar, bulan September mendatang kami akan mengadakan kegiatan Museum Koncara 2023,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam kegiatan tersebut pihak museum akan mengadakan tiga jenis lomba, yaitu lomba cerdas cermat tingkat SD dan SMP, kemudian paduan suara untuk tingtak Kober dan TK, dan lomba festival Sisingan.

Ia mengatakan, mengapa festival Sisingan harus diadakan, karena saat ini Sisingan sudah menjadi muatan lokal ditingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Museum ini menjadi jembatan dengan memperkenalkan secara dini apa Sisingan itu bagaimana kebudayaan Subang itu. Ini juga merupakan salah satu cara kami untuk mempromosikan museum ke sekolah-sekolah,” ujarnya.

Dengan diadakannya kegiatan tersebut, lanjut Adeg, harapnnya para pelajar harus bisa mengenal kebudayaan Subang, dan peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Kabupaten Subang. Karena Kabupaten Subang menjadi rantai berkesinambungan untuk bangsa Indonesia.

“Salah satunya ada peristiwa penting yang terjadi di Subang bahkan sudah tercatat dalam sejarah Nasional Indonesia itu adalah peristiwa menyerahnya Belanda terhadap Jepang di Kalijati,” terangnya.

Selain itu, kata Adeg, banyak sekali temuan-temuan arkeologis dan temuan-temuan budaya lainnya. Ternyata Subang itu sangat luas secara historis dan keanekaragaman budayanya.

Baca Juga:Purwakarta Bersalawat Awali Rangkaian Hari JadiPemkab Akan Lelang 600 Kendaraan

“Jadi generasi muda, khususnya pelajar di Kabupaten Subang harus datang ke Museum Subang untuk mengenal lebih jauh daerahnya sendiri,” pungkasnya.

Diketahui, kunjungan Museum Subang pada saat musim libur sekolah dalam satu hari rata-rata mencapai 90 hingga 120 lebih pengunjung dari kalangan pelajar, dan keluarga.(cdp/ysp)

0 Komentar