Perjuangan Panjang Menikmati Wisata Air Terjun Curug Cibareubeuy

Curug Cibareubeuy
0 Komentar

SUBANG-Wisata Air Terjun Curug Cibareubeuy, menjadi sorotan netizen saat vokalis Band Noah mengunjungi tempat tersebut. Air terjun yang memiliki ketinggian 40 meter, pengunjung harus menapaki jalan yang terjal dan curam untuk bisa sampai ke lokasi.

Curug Cibareubeuy secara administratif pemerintahan masuk ke wilayah Desa Cibeusi Kecamatan Ciater Kabupaten Subang. Secara wilayah pengelolaan hutan, curug tersebut masuk pada petak 4RPH, GN Karamat BKPH Cisalak KPH Bandung Utara Perum Perhutani unit III Jawa Barat dan Banten. Flora dan fauna serta keindahan panorama di sekitar nya didominasi oleh tegakan pohon pinus.

Ketinggian 40 meter, air terjun di Cibarebeuy memiliki kolam kecil yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung, termasuk situs purbakala yang ada di lokasi sekitar nya yang bisa menjadi pengetahuan bagi pengunjung.
“Lumayan jauh, harus melalui jalan setapak, areal persawahan, hutan, untuk sampai ke titik curugnya,” ujar pengunjung, Reza NM warga Rawabadak – Subang.

Baca Juga:Lakukan Konsolidasi Pemenangan, PKS Yakin Raup 260 Ribu Suara di Pemilu 202413.000 Peserta Ikut Napak Tilas Sejarah Purwakarta

Menurutnya, menikmati pemandangan air terjun, dengan berjalan sekitar 2 kilometer, merupakan suatu perjuangan yang tidak terhingga. Tiket masuk Rp10.000 per orangnya, air terjun tersebut sangat layak untuk masyarakat yang menyukai tantangan dengan daya tempuh agak jauh.

Reza mengatakan, jalan menuju curug tersebut pun tidak bisa dilalui dengan mudah, apalagi ketika hujan tiba. “Kalau hujan bisa dibayangkan, karena jalannya setapak dari titik awal menuju curug,” jelasnya.

Pedagang sekitar, Yeti mengatakan, terdapat 30 pedagang yang ada di sepanjang jalan hingga ke curug. Kebanyakan pedagang makanan ringan hingga berat, mulai dari mie instan, nasi liwet, hingga minuman andalan Lahang, dan gula Aren.

“Tiap hari ada aja yang datang. Apalagi kalau weekend, pasti ramai pengunjung,” ungkapnya.

Yeti mengatakan, pengunjung pun kebanyakan dari luar daerah seperti Bandung, Jakarta, Banten, Surabaya dan lainnya yang memang ingin merasakan keindahan air terjun.

“Katanya sih, mereka penasaran saat salah satu penyanyi upload video sedang di Curug ini,” jelasnya.

Kepala Bidang Destinasi dan Produk wisata Disparpora Kabupaten Subang, Ida Erlinda mengatakan, Curug Cibareubeuy merupakan salah satu wisata air terjun andalan di Desa Wisata Cibeusi Kecamatan Ciater. Desa wisata, tingkat perekonomian masyarakat sekitar bisa menggeliat dengan produk, oleh-oleh, jasa guide, home stay dan lainnya.

0 Komentar